Kerjasama dengan PPNI Lebak, Korcam Ormas Jarum Banjarsari Gelar Khitanan Massal dan Santunan

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Advokatnews, Lebak | Banten – Sebanyak 10 anak hari ini dikhitan dalam rangka ulang tahun Organisasi Kemasyarakatan Jaringan Relawan Untuk Masyarakat (Ormas Jarum) Sabtu (6/3/2021). Agenda bhakti sosial yang dilakukan Koordinator Kecamatan (Koorcam) Ormas Jarum Kec. Banjarsari ini bekerja sama dengan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Lebak.

Sebelum khitanan dilakukan, Ketua Koordinator zona 6 Ormas Jarum, Drs. Elan Jaelani mengatakan, baksos itu dilaksanakan sesuai dengan intruksi Ketua Umum Ormas Jarum, H. Nunung Hidayat agar semua pengurus kecamatan menggelar kegiatan baksos untuk membantu masyarakat.

Dijelaskan Elan, untuk kecamatan Banjarsari, Ormas Jarum menggelar bhaksos berupa khitanan massal dengan 10 peserta santunan bagi 20 yatim piatu dan pembagian masker di depan sekretariat Koorcam Jarum Banjarsari.

“Terimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu acara ini, seperti PPNI dan Dinkes Lebak yang sudah menerjunkan tim medisnya. Terimakasih juga atas support dan bimbingan dari Ketua Umum Ormas Jarum, Abah Haji Nunung Hidayat. Dan terimaksih ke berbagai pihak yang sudah membantu acara bhaksos ini, semoga mendapat balasan atas kebaikannya,” kata Koorwil Zona 6 Ormas Jarum, Elan.

Ditambahkannya, Koorcam Jarum Kec. Banjarsari juga membagikan masker untuk pengguna jalan yang melintas di Jalan Raya Saketi Malingping, tepatnya di depan sekretariat koorcam Jarum.

“Pembagian masker gratis diadakan untuk membantu memutus mata rantai penyebaran covid 19.” kata dia.

Tim medis dari PPNI Lebak yang dipimpin oleh ketuanya, Endang Komarudin mengaku senang bisa bekerjasama dengan Ormas Jarum menggelar bhakti sosial.

“Untuk hal-hal baik dan membantu masyarakat, seperti baksos ini tentu kami sangat dukung. PPNI salah satu tujuannya adalah pengabdian kepada masyarakat, maka kami sangat mendukung kegiatan khitanan massal ini,” kata Endang Komarudin didampingi beberapa pengurus lainnya.

Terpantau kegiatan berjalan dengan mematuhi protokol kesehatan. Semua peserta, panitia dan tamu undangan diwajibkan cek suhu dan menjaga jarak.

Selain itu panitia juga menyediakan fasilias cuci tangan dan masker di lokasi acara.

Sebelumnya, saat kegiatan khitanan massal di Rangaksbitung, Minggu (28/2/2021) Ketua Umum Ormas Jarum, Haji Nunung Hidayat M. Gebek mengatakan, pada Milad Jarum yang ke – 7 pelaksanaannya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Kata Abah Nunung, acara milad Ormas Jarum yang biasanya menggelar pameran, pawai dan berbagai kegiatan yang mengumpulkan banyak orang, maka pada Milad ke 7 ditiadakan dan dibatasi.

“Hari ini Minggu (28/2/2021) khitanan massal yang diselenggarakan oleh Korcam Rangkasbitung dan Cibadak. Besok, Senin (1/3/2020) khitanan di Kec. Lewidamar, Selasa (2/3/2021) di Kec. Muncang, dan tanggal 7 Maret 2021 di Kec. Banjarsari,” jelas Ketua Umum Ormas Jarum, Haji Nunung Hidayat M. Gebek.

Lanjut Ketua Ormas Jarum, semua rangkaian kegiatan dipastkan memenuhi aturan protokol kesehatan.

“Seperti acara khitanan massal ini, ruang tunggu, antrian, ruang khitan dan ruang istirahat, semuanya dipantau ketat penerapan protokol kesehatannya,” kata dia.

Pada perayaan kali ini kata Ketua Umum Jarum, puncak acara diselenggarakan di Kecamatan Lewidamar, namun kecamatan yang lain juga menggelar bhakti sosial di wilayahnya masing-masing.

Berbagai acara bhakti yang digelar tidak akan melibatkan banyak orang, seperti khitanan massal, rehab rumah, santunan yatim piatu, tabur benih ikan dan pembagian bibit pohon.

Puncak acara akan dilaksanakan resepsi syukuran melalui aplikasi zoom meeting, rencananya akan diisi dengan sambutan Bupati Lebak dan dihadiri secara daring oleh seluruh anggota Jarum dan berbagai kalangan masyarakat. (Ki/Sumardi).

Facebooktwitterlinkedininstagramflickrfoursquaremail