Ini Arahan Kadiskes Fatoni Untuk Penanggulangan Penyakit DBD

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Advokatnews | Tulangbawang Lampung- Guna untuk pencegahan dan penanggulangan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) Didaerah Wilayahnya, Dinas Kesehatan (Dinses) Kabupaten Tulang Bawang Menggelar Rapat Koordinasi (Rakor).

Rakor yang Dipimpin Kadiskes Hi.Fatoni, S.kep,M.M dihadiri Asisten 1, Sekretaris Dinkes, Kabid Dinkes dan diikuti secara zoom oleh Camat, Sekretaris Camat serta seluruh Kepala Puskesmas Tulangbawang Berlangsung di ruang Rapat dinas kesehatan pada hari Senin (24-01-2022).

Kepada media Hi.Fatoni Menjelaskan Pada rapat kali ini Berfokus Pada penaganan penyakit DBD yang disebabkan genangan air tempat jentik nyamuk bersarang di musim Penghujan.

“Kami Baru Saja menggelar rakor penanggulangan dan pencegahan dari Penyakit DBD Sekaligus penerapan metode turun Lapangan nanti,” Ujar kadis kesehatan Fatoni Melalui Seluler.

Disinggung media, Langkah selama ini pencegahannya dari pihak kesehatan menghadapi musim hujan ditahun 2022, kadiskes mengatakan hal itu sudah dilakukan.

“Selama ini, puskesmas sudah mensosialisasikan pemberantasan sarang nyamuk 3M plus, pembagian abate, gerakan satu rumah, satu jumantik untuk pencegahan DBD dan dari Prokes PKM juga sudah mensosialisasikan PHBS agar masyarakat bersih-bersih di rumah dan lingkungan setempat dan menyarankan agar tidak ada air tergenang tempat nyamuk bersarang,”kata Fatoni.

Dia Juga menjelaskan bahwa “foging kurang efesien dalam mencegah DBD karena hanya membunuh nyamuk dewasa, sedangkan jentiknya tidak tersentuh oleh pengasapan,” jelasnya.

Demi untuk masyarakatnya sehat, kadiskes fatoni menghimbau agar bergotong royong bersih-bersih lokasi rumah.

“Peran serta masyarakat dalam pencegahan DBD sangatlah penting yaitu dengan gotong-royong bersih-bersih di rumah masing-masing, itulah yang perlu dilakukan bersama dalam pencegahan DBD, dan
Pastikan tak ada ruang untuk jentik nyamuk bersarang,” Tandas Fatoni.(hepi)

Facebooktwitterlinkedininstagramflickrfoursquaremail