Bentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 500 Meter Persegi, Bupati Serang Apresiasi Solidaritas Merah Putih

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Advokatnews | Banten – Pada Peringatan Dirgahayu RI di Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75, Dewan Persaudaraan Wilayah Solidaritas Merah Putih Provinsi Banten (DPW Solmet) Provinsi Banten adakan kegiatan Pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 500 meter persegi pada tanggal 17-18 Agustus 2020 yang bertempat di Bukit Waru Wangi, Padarincang Kabupaten Serang. Rabu, (19/08/2020).

Kegiatan yang digagas dengan Konsep Jambore Merah Putih ini bertemakan Kobarkan Semangat Merah Putih dari Banten untuk Indonesia, yang mana hal itu mendapat apresiasi yang luar biasa dari masyarakat sekitar dan pengunjung di arena tersebut.

Pada kesempatan tersebut, hadir Bupati Serang, Hj Tatu Ratu Chasanah, Ketua DPRD Kabupaten Serang, Bahrul Ulum, Staff Ahli Walikota Serang, Mewakili Group 1 Kopassus, Mayor Adi beserta anggotanya, mewakili Korem 064 Maulana Yusuf, Mayor Sarasa dan Ketua Umum DPN Solmet, Sylvester Matutina beserta Pengurus dan jajaran DPD Solmet se-Jabodetabek.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana, M. Nasrudin kepada awak media menjelaskan, bahwa Solmet mengadakan kegiatan ini adalah semata-mata ingin mengenang dan mengharagai jasa pahlawan yang telah ikhlas berjuang untuk memerdekan Negara ini. Disatu sisi, lanjut Nasrudin, terlihat di depan lokasi kegiatan, terpampang foto berbagai pahlawan dari berbagai suku, agama dan Ras di Indonesia, dan ini menunjukkan bahwa Negara ini merdeka adalah berkat jasa perjuangan mereka yang tidak mengenal perbedaan, “untuk itu, sambung Nasrudin, saatnya Indonesia bangkit, hilangkan perbedaan dan perpecahan, karena Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika”. Ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kamaludin, Ketua DPW Solmet Banten menerangkan, kegiatan ini adalah bagian momentum yang penting, Bentangan bendera Merah Putih sebesar 500 meter persegi ini tidak seberapa beratnya dibandingkan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang pada masa lalu untuk memerdekaan Negara ini.

“Oleh karena itu, demi menghargai perjuangan para pahlawan ini, kami dari Solmet menggagas untuk membentangkan Bendera Merah Putih yang besar ini untuk menyatakan bahwa Indonesia tetap satu dibawah panji-panji Merah Putih dan NKRI tetap harga mati”.

Hal senadapun dikemukakan oleh Ketua Umum DPN Solmet, Sylfester Matutina, Relawan-relawan Solmet adalah relawan yang harus tetap memperjuangkan eksistensi terhadap nilai-nilai perjuangan para pendahulu, dan jiwa-jiwa nasionalis harus terus hidup dalam sanubari di tubuh para relawan Solmet, “saya yakini para relawan Solmet adalah para relawan yang siap mengamankan dan menjunjung tinggi nilai-nilai nasionalis dalam bingkai NKRI, dan kami selama ini telah bersama-sama dengan Presiden Jokowi telah berjalan seiring sekata demi menjaga nilai-nilai Kesatuan dan Persatuan di Bumi NKRI ini”. Tegas Sylfester kepada awak media.

Sementara, Ketua DPRD Kabupaten Serang, Bahrul Ulum mengapresiasi apa yang dilakukan oleh jajaran Solmet dalam memperingati momentum Hari Kemerdekaan RI yang ke-75 ini, dalam sambutannya, disampaikan, inilah wujud nyata sebuah organisasi dalam memperingati Dirgahayu Kemerdekaan RI, “tidak mudah untuk melaksanakan kegiatan ini dalam rangka pembentangan Bendera sebesar ini, namun dengan semangat yang luar biasa, akhirnya pembentangan ini dapat terlaksana dengan baik. Semoga apa yang dilakukan Solmet ini dapat meningkat jiwa dan semangat nilai-nilai Nsaionalisme kembali terhadap negara ini”.

Selain itu, hal senada juga disampaikian oleh Bupati Serang, Hj Ratu Tatu Chasanah,” Saya sebagai Bupati Serang bangga apa yang telah dilakukan oleh Solmet dalam mengapresiasi peringatan hari kemerdekaan ini. Untuk itu, saya hadir di sini walau agenda hari ini padat, tetap menjadi skala prioritas untuk tetap bisa hadir di tengah-tengah Pengurus dan Kader Solmet,”ujar Bupati.

Menurut Tatu, selama kepemimpinannya, dikatakan bahwa dirinya telah berbuat yang semaksimal mungkin untuk masyarakat di Kabupaten Serang, dan semoga diharapkan dengan kehadiran DPD Solmet Kabupaten Serang juga akan menambah gairah dalam konteks hubungan yang positif, agar tercipta hubungan antar masyarakat dengan organisasi, masyarakat dengan pemerintah dan organisasi dengan pemerintah.

Tak hanya itu, dalam sambutannya, Bupati juga menyatakan, apa yang telah dilakukan dan akan dilakukan oleh DPD Solmet Kabupaten Serang selama untuk kepentingan masyarakat di Kabupaten Serang akan didukung penuh, karena sebagai Kepala Daerah, dirinya harus mengaplikasikan program-program untuk kepentingan masyarakatnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati menyatakan bangga terhadap apa yang dilakukan dilakukan Solmet dengan melaksanakan momentum bersejarah di wilayahnya dengan kegiatan Pembentangan Bendsera Merah Putih seluas ini.

Di penghujung sambutan, Ketua DPD KNPI Provinsi Banten, Ali Hanafiah merasa bangga dengan apa yang telah dilakukan oleh Solmet. Dikatakannya, sebagai organisasi kepemudaan, dirinya merasa terharu, inilah nilai-nilai patriotik pemuda dalam mengaplikasikan nilai-nilai perjuangan dalam mengisi kemerdekaan ini.

“saya salut dan bangga, pada kesempatan ini juga, Bupati Serang, Ketua DPRD Kabupaten Serang, dan unsur muspida lainnya dapat hadir dan menghargai terhadap apa yang telah dilakukan oleh Solmet dalam rangka memperingati Dirgahayu RI ini,”ungkap Ali Hanafiah.

Pada kegiatan tersebut pembentangan Bendera Merah Putih sebesar 500 meter dilaksanakan dengan khidmat dan haru, baik para peserta, undangan hingga pengunjung berhenti melakukan aktivitasnya saat pembentangan bendera tersebut berjalan, hingga komando menyanyikan lagu Indonesia Raya dikomandoi oleh Ketua DPD KNPI Banten dengan penuh semangat.

Kegiatan Jambore Merah Putih ini dillaksanakan selama dua hari pada tanggal 17-18 Agustus 2020, dengan diisi berbagai kegiatan, diantaranya pembagian kursi roda kepada dua orang penyandang disabilitas yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Serang Hj. Ratu Chasanah dan Ketua Umum DPN Solmet, Sylfester Matutina.

Selanjutnya kegiatan diikuti dengan Pemotongan tumpeng karena berkaitan juga dengan ulang tahun Solidaritas Merah Putih yang ke 12 dan jatuh pada tanggal 16 Agustus, serta renungan malam, diskusi dan sekaligus Pengukuhan DPD Solmet Kabupaten Serang. (Red).

Facebooktwitterlinkedininstagramflickrfoursquaremail