Badak Banten Pertanyakan Hasil Uji Lab Limbah Tambak Udang PT. SDB

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Advokatnews, lebak | Banten – Pemeriksaan lapangan yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup untuk melakukan peninjauan instalasi IPAL tambak udang milik PT. SDB di Pantai Karang Nawing Desa Pagelaran Kecamatan Malingping Kabupaten Lebak Provinsi Banten dipertanyakan.

“Kami mempertanyakan hasil Uji Laboratorium dan tindak lanjut pengujian baku mutu air pada saluran air limbah perusahaan tambak udang milik PT. SDB yang diduga kuat langsung disalurkan ke laut bebas, dimana sampai detik ini pihak DLHK Lebak belum mempublikasikan hasil uji laboratorium sampling air limbah pada inlet dan outlet IPAL tersebut”. Kata Erot selaku Ketua Koorwil Lebak Selatan Ormas Badak Banten kepada media advokatnews, Kamis, (03/09/2020).

Sebelumnya lanjut Erot,  pada hari rabu, 24 Juni 2020 tim pengawas dinas lingkungan hidup, Satpol PP, dan Dinas Perikanan bersama-sama melakukan peninjauan ke lapangan untuk melihat secara langsung dan membawa sample air yang di ambil dari bak instalasi air limbah untuk kemudian rencananya akan dilakukan test laboratorium.

“Sejauh ini kami masih menunggu infomasi mengenai hasil uji laboratorium, apakah saluran buang air limbah tersebut terindikasi mengandung zat berbahaya untuk lingkungan atau tidak, jadi harus hasilnya harus dipublikasikan kepada masyarakat baik melalui media ataupun dijaring sosial, sehingga tidak terkesan menututupi”. Tandas Erot.

Selanjutnya, Erot pun menegaskan terkait upaya tindak lanjut penegakan aturan, “artinya jika hasil test laboratorium terhadap air limbah yang dibuang ke lingkungan mengandung zat berbahaya, tentu harus ada tindakan apakah penutupan operasi tambak atau penutupan saluran air limbah di lokasi tersebut”. Tegasnya. (Na/Sumardi/red).

Facebooktwitterlinkedininstagramflickrfoursquaremail