ACEH KEMBALI KEHILANGAN TOKOH ULAMA

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Advokatnews, Aceh – Innalillahi wainna illaihi raajiun salah seorang ulama karismatik Aceh Abu. H. Ridhwan Jalil atau lebih dikenal dengan sapaan (Abon Takengon) telah menghadap Sang Pencipta Allah Subhana Wata’ala, dikawasan Kuta Krueng Pidie Jaya (Pijay) tepatnya dikediaman beliau sendiri “almarhum”.

Jenazah alumni yang juga senior dayah darul munawwarah Kuta Krueng berlangsung di mesjid dayah Kuta Krueng, (28/1/2020). Sholat jenazah dipimpin oleh salah seorang ulama Karismatik Aceh juga, Abu. H. Usman Ali atau yang lebih dikenal dengan sapaan (Abu Kuta Krueng).
Ribuan santri dari alumni dayah Blang Panyang, para tokoh ulama dari Majelis Pemusyaratan Ulama (MPU) Kabupaten Pidie Jaya serta masyarakat lainnya ikut melayat dan melaksanakan sholat jenazah bersama.
Setelah selesai sholat dan pelepasan, Abu. H. Usman Ali dengan ribuan jamaah lainnya menggelar doa bersama untuk almarhum, kemudian jenazah abon langsung dipulangkan ke rumah duka dan dimakamkan di halaman rumah beliau yang tidak jauh dari lokasi komplek dayah Abu Kuta Krueng.
Alumni dan juga senior Darul Munawwarah Abu. H. M Yunus (Abon Blang Jruen) mentalqinkan Almarhum Abon Ridhwan setelah selesai pemakaman. Musibah dari kehilangan salah seorang tokoh ulama ini, diungkap dan menitip harapan juga dari salah seorang tokoh ulama Aceh, Abu. H. Abdussalam Ghaliby yang juga merupakan tokoh ulama yang ada dipantai Barat Selatan Aceh, mengharapkan kepada para generasi muda Aceh hendak nya mau mengabdikan dan menghibahkan waktu tenaga serta ilmu dan pikiran nya untuk agama Allah, dengan menuntut ilmu agama dipasantren atau dayah – dayah yang ada di Aceh demi untuk meneruskan jejak perjuangan ulama yang ada di bumi Aceh, selain memantapkan ilmu pengetahuan umum ditingkat sekolah umum.
Kehilangan sosok dari seorang ulama, sangat terasa bagi masyarakat Aceh, apalagi Aceh yang dikenal dengan nuansa religius nya akan Syariat Islam. (Syahril/red).
Facebooktwitterlinkedininstagramflickrfoursquaremail