Advokatnews, Deliserdang | Sumut – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi didampingi Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan sejumlah pejabat PT Kereta Api wilayah Sumatera bagian utara (Sumbagut) mengunjungi stasiun Kereta Api Lubuk Pakam Deliserdang Minggu (8/11/2020) pagi sekitar pukul 09.35 wib.

Menteri Perhubungan tiba dari Medan dengan menggunakan Kereta Api Inspeksi (KAIS) Kardela bersama Gubernur Sumatera Utara. Kedatangan rombongan VIP ini disambut langsung oleh sejumlah pejabat Forkopimda Kabupaten Deliserdang di antaranya Bupati Deliserdang Ashari Tambunan, Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Yemi Mandagi Sik, Dandim 0204 DS Letkol Kav Jackie Yudhantara, Danramil Lubuk Pakam Kapten Arh JP Girsang, Kepala Stasiun Kereta Api Lubuk Pakam dan sejumlah Pejabat Pemkab lainnya.

Budi berkeliling melihat suasana dan bagian bangunan di sekitaran Stasiun Kereta Api Lubuk Pakam. Menhub menyebutkan, kondisi bangunan stasiun dan sekitarnya tidak bagus dan sudah tentunya menjadi proyeksi untuk dibangun yang lebih megah.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan dalam keterangan persnya, bahwa pihaknya akan segera membangun seluruh stasiun kereta api yang ada di Medan ini seperti di Ibu Kota Jakarta. Alasannya, karena jumlah pengguna jasa angkutan masal ini cukup banyak, untuk di Jakarta saat ini, setidaknya satu juta orang per hari.

“Jadi kita sudah bicara dengan Gubernur dan sepakat kalau jalur kereta api Medan harus lebih baik, sehingga seluruh masyarakat Medan dan sekitarnya bisa menggunakan angkutan masal. Ini kita lakukan dengan maksimal nantinya. Bangunan stasiun Lubuk Pakam yang saat ini tidak bagus akan dibangun megah,” terang Budi.

Selain menyampaikan rencana pembangunan Stasiun Kereta Api Lubuk Pakam dan seperti apa planning ke depan, Menhub bersama Gubernur Sumatera Utara juga membagikan masker dan meminta kepada Bupati Deliserdang agar tetap mensosialisasikan Protokol Kesehatan seperti yang dipesankan Presiden Joko Widodo. Meski aktivitas berjalan, namun Protokol Kesehatan harus tetap dilaksanakan untuk menekan penyebaran virus Covid-19 .

“Pesan Presiden pada pejabat daerah agar tetap menjalankan protokol kesehatan. Meski aktivitas kita berjalan tapi antisipasi penyebaran Virus Covid-19 tetap dilaksanakan. Pada warga juga diharapkan mengikuti himbauan itu,” ucapnya.

Usai melakukan peninjauan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, PJs Walikota Medan Arif Tri Nugroho, Dirjen Perkeretaapian Zulkifli dan rombongan bergerak kembali ke Medan menggunakan jalan darat.(Bw)