Advokatnews|Aceh Selatan-Forum Melek Linterasi dan Belajar (FLEKSIBEL) Kabupaten Aceh Selatan bekerjasama Bawaslu Kabupaten Aceh Selatan, CV. Pis Alfa Media dan Inong Agam menggelar debat Mahasiswa Se-Aceh Selatan, Sabtu (03/10/2020)

Acara yang bertemakan “Agen Of Change And Talk Show”, dengan jumlah undangan 70 orang terdiri beberapa Kampus yaitu STAI Tapaktuan Aceh Selatan, POLTEKES Aceh Selatan dan UTU Meulaboh, berlangsung di Aula Bappeda Kabupaten Aceh Selatan.

Ketua Pelaksana, Rovi Virdanis, ST mengatakan kegiatan ini bertujuan sebagai pendidikan demokrasi dengan mengerakkan anak muda untuk mempu peka isu kekinian dalam memberi solusi bagi kehidupan berbangsa terutama solusi untuk Aceh Selatan

“Dengan terlaksana kegiatan debat ini agar Mahasiswa mampu menampilkan jiwa karakter yang berkompeten, pecaya diri dan berani dalam memberi argumen, gagasan untuk menanggapi suatu persoalan,” kata Rovi.

Lanjut Rovi, Harapan dengan diadakannya acara ini semakin menambah rasa cinta terhadap tanah air agar mahasiswa lebih peka dan ikut andil dalam persoalan di Daerah Kabupaten Aceh Selatan.

“harapan kita semua dengan diadakan kegiatan ini, mampu menciptakan dan melahirkan kader-kader terbaik di Aceh Selatan melalui pemikiran Debat Mahasiswa Se-Aceh Selatan,”harap Rovi

Sementara itu, Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran melalui Staf Ahli Bupati Bidang dan Pembangunan Ir.H.Nurman mengatakan sebagai Mahasiswa yang notabene bagian masyarakat maka Mahasiswa memiliki peran yang kompleks dan menyeluruh sehingga memiliki multi fungsi sebagai Agen Of Change, Control Sosial.

“Dalam Rangka Debat Agen Of Change dan Talk Show mampu memberikan ide dan pemikiran cerdas seorang mahasiswa dalam hal merubah paradigma yang berkembang dalam suatu kelompok yang menjadikan terarah sesuai kepentingan bersama,” ujar Nurman

Lebih jauh, H. Nurman berharap pada era perubahan dan perkembangan pesat baik itu secara teknis maupun waktu periodiknya disematkan tanggung jawab pada mahasiswa harus bisa disinyalir sebagai suatu tanda bahwanya mahasiswa selalu bisa dipercaya sebagai penyambung lidah masyarakat

Turut hadir Bupati Aceh Selatan di wakili Staf Ahli Bupati Bidang dan Pembangunan Ir.H.Nurman, Dandim 0107/Asel, Kapolres Aceh Selatan, SKPK dan tokoh pengisi acara talkshow dari provinsi aceh, Arman Fauzi (komisioner Informasi publik aceh ) dan Cut Asmaul Husna (Aktivis Perempuan dan Akademisi ) beserta Mahasiswa Aceh Selatan dan tamu undangan.(Zulfan)