Advokatnews..Sejumlah masyarakat Desa Kertajaya Kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang bersyukur dengan adanya program penyedian air minum dan sanitasi yang berbasis masyarakat atau yang lebih dikenal dengan Pamsimas.

Salah satunya sa’adah jamiat yang sehari-harinya bekerja sebagai ibu rumah tangga, menurutnya keberadaan program Pamsimas di desanya berguna untuk menyediakan kebutuhan pokok air minum, juga memberdayakan masyarakat desa mereka melalui Kelompok Pengelola Sarana dan Prasarana Air Minum (KP-SPAM).

“Sekarang sudah bagus, krannya tinggal diputar saja langsung keluar airnya dan apalagi pengelelonya masyarakat kami sendiri yang sudah paham dengan karakter lingkungan di desa ini,” kata saadah saat dijumpai di tempat tinggalnya, Jumat (11/11/2022).

Saadah menjelaskan sebelum adanya Pamsimas di desnya, untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari seperti memasak, mencuci dan lain sebagainya mereka harus mengambil air di sumur gali yang tak jauh dari tempat tinggalnya dengan kualitas kurang bagus.

“Untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari itu dulunya kami mengambilnya di sumur umum tapi sekarang Alhamdulillah kita tinggal putar keran saja di rumah airnya langsung keluar dan airnya pun bersih, jernih lebih bagus dari sumur gali,” jelas sa’adah.

KP-SPAM Desa Kertajaya telah melayani 160 rumah masyarakat yang berada di dcibayoni dan kampung masjid .ketua pakaksana pembangunan Pamsimas Ayi Amsarudin saat di singgung berapa iuran masyarakat pengguna air tersebut dalam hitungan kubikasi, iapun menjelaskan hal tersebut belum di musawarahkan sama masyarakat pengguna.

“Salah seorang warga penggunaa air yang enggan di tulis namanya menjelaskan soal iuran air ini, kami tidak permasalahkan jika sesuai /kubik, itupun harus hasil rapat bersama dan bagusnya lagi iuran itu digunakan untuk pemeliharaan instalasi air ini,” imbuhnya.

berharap pemerintah Kabupaten pandeglang dan Provinsi Banten hingga pemerintah pusat untuk tak henti-hentinya memberikan bantuan kepada masyarakat yang berada di pedesaan yang kesulitan akan air minum.

“Program Pamsimas ini sudah sangat bagus sekali diberikan kepada kami dan saya berharap program ini terus terus didukung dan diperhatikan oleh pemerintah,” katanya… Adi /Tim FK