Advokatnews|Aceh Tengah-Sejumlah Petani kopi Arul Relem Desa Linung Bulen II Kecamatan Bintang mendatangkan alat berat dengan cara mengumpulkan uang dari penjualan hasil panen padi. Selasa (08/09/2020).

Koordinator pembukaan jalan Fachruddin Aman Fathin mengatakan, mayoritas masyarakat yang berkebun diwilayah tersebut hampir sepenuhnya menggantungkan hidupnya dari hasil kebun kopi.

Lebih lanjut terang Fahruddin Aman Fahtin Dengan bersama-sama dalam mengumpulkan pembiyaan untuk mendatangkan alat berat tersebut dengan mengumpulkan dari hasil penjualan panen padi milik mereka untuk perbaikan akses jalan menuju lokasi perkebunan. Agar mudah dilalui oleh para petani yang membawa hasil panen dari perkebunan ke lokasi perkampungan.

” Membuka akses jalan dengan cara para petani menjual padi, hasil penjualan padi disumbangkan untuk mendatangkan alat berat. Ide ini muncul dalam benak warga yang berkebun di wilyah tersebut. Dikarenakan untuk membuka akses jalan perkebunan di Kecamatan Bintang cukup sulit tidak bisa menggunakan anggaran pemerintah baik dari Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN), Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD),Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA) maupun Alokasi Dana Desa  (ADD)”,katanya.”

Pada tahun 1972 mulai dari permukiman warga sampai perkebunan warga Kecamatan Bintang ditetapkan oleh pemerintah menjadi hutan lindung dan hutan buru. Sedangkan sebelum ditetapkan Kecamatan Bintang menjadi hutan tersebut warga sudah menanam kopi di perkebunan dan sudah mendirikan rumah di Kecamatan Bintang. Atas dasar apa pemerintah menetapkannya kami juga tidak tau”, terang Aman Fathin.

Rizkansyah Fitra mengatakan, salah satu faktor pendukung Petani sukses harus memiliki akses jalan yang bagus. Apabila nantinya kami warga yang berkebun memiliki kendala pembiayaan dalam pembukaan akses jalan sudi kiranya bapak, ibu, kakak, abang khususnya warga Kabupaten Aceh Tengah, umumnya warga Indonesia yang memiliki kemudahan rizki untuk menyumbangkan alakadarnya demi membuat akses jalan perkebunan kami yang lebih baik.

Lebih lanjut terang Zekan para anak muda dan orang tua, mulai  menjadi penggerak pembukaan jalan perkebunan umumnya di Kecamatan Bintang, khususnya Arul Relem Desa Linung Bulen II Kecamatan Bintang kabupaten Aceh Tengah.

Fahruddin Aman Fathin melanjutkan, kami sangat kewalahan mencari pendanaan untuk membuka akses jalan perkebunan di beberapa titik di Kecamatan Bintang. (Pahmisyah pitra)