Advokatnews, Padangsidimpuan | Sumut – Irsan Efendi Nasution, SH Wali Kota Padangsidimpuan sangat berharap terhadap kontribusi peneliti dalam membangun Kota Padangsidimpuan. Hal tersebut disampaikan Irsan dalam pertemuannya dengan sejumlah peneliti dari beberapa Akademisi di Padangsidimpuan, Rabu (21/10/2020)

Penelitian dan pengembangan beserta hasilnya mempunyai peranan yang sangat strategis dalam mendukung terciptanya pemerintahan yang baik dan bersih (good government and clean governance) karena dinilai objektif memadukan prinsip-prinsip ilmu pengetahuan dan kondisi yang berkembang di masyarakat kedepannya.

Baplitbangda dengan perguruan tinggi IPTS, UMTS, IAIN, dan UGN di Aula BKPSDM, Komplek Perkantoran Palopat Pijorkoling, telah bersepakat untuk bekerja sama dalam hal kontribusi penelitian pengembangan Kota Padangsidimpuan kedepannya, sebagai upaya mendorong kualitas hasil penelitian yang lebih baik di dalam merumuskan berbagai kebijakan yang akan diambil dan dapat lebih dipertanggungjawabkan, maka sangat diperlukan kehadiran mereka,” Ungkap Irsan

Fungsi penelitian adalah menghasilkan alternatif rumusan kebijakan yang dapat digunakan baik untuk perencanaan maupun sebagai kontrol dalam pelaksanaan pembangunan pemerintahan daerah. Untuk itu diharapkan penyelenggaraan diseminasi dari hasil penelitian dapat mengumpulkan berbagai masukan yang positif dan produktif dari berbagai elemen penelitian untuk menyempurnakan hasil penelitian yang telah dilaksanakan.

Bagi para peneliti sebagai aktor yang bergerak dalam melaksanakan kegiatan dilapangan tentunya dapat menumbuhkan kompetensi dan menambah wawasan lebih luas dari sudut pandang yang lebih kompleks untuk menjawab berbagai tantangan dan permasalahan yang timbul sehingga penelitian yang dihasilkan dapat lebih inovatif.

Tujuan penelitian bagi masyarakat sebagai sumber penyedia data dan rekomendasi yang dapat di aplikasikan di masyarakat dan organisasi perangkat daerah (OPD).

Oleh karenanya lembaga penelitian di Kota Padangsidimpuan perlu didorong untuk terus berupaya mengedepankan hasil-hasil penelitian, kajian dan telaah strategis dalam rangka menghasilkan rekomendasi kebijakan berkualitas dan aplikatif,” Imbuhnya.

Irsan juga menyampaikan beberapa hal untuk menjadi perhatian kita bersama agar tujuan pelaksanaan kegiatan diseminasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan tahun anggaran 2020 dapat tercapai.

Terutama terkait dengan hasil penelitian yakni membangun kerjasama dan jejaring yang kuat antar lembaga penelitian yang ada di Kota Padangsidimpuan guna memberikan rumusan dan mempertajam hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan.

Sebelumnya, Kepala Bapelitbangda M Jusar Nasution  menyampaikan harapan agar OPD bisa menangkap gagasan yang lahir dari tim peneliti, untuk menjadi bagian dari kebijakan dalam menjalankan program di tahun mendatang.

“Harus memahami rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD), memahami rencana straegi (Renstra). Harapan, diperencanaan tahun 2022, perencanaan program ditahun 2022 ini bisa masuk menjadi bagian dari kebijakan umum anggaran sehingga mengerucut kepada RKPD.

Harapan Jusar kepada unsur perguruan tinggi, berkembangnya wilayah penelitian yang dapat membantu pemerintah untuk merumuskan kebijakan baru yang pro terhadap peningkatan mutu kehidupan.

“Misalkan meneliti Jalan Thamrin, bagaimana supaya kami bisa lakukan dengan smooth tanpa ada orang yang keberatan, orang merasa terbantu, untuk kebersihan jalan Thamrin itu, dan itu sudah menjadi persoalan klasik yang perlu dibenahi,” Pungkas Jusar

Masih menurut Jusar, Bapelitbangda memiliki keterbatasan diantaranya ketersediaan anggaran untuk masuk ke riset penelitian. “Karena itu dengan berkenannya pihak perguruan tinggi bekerjasama dengan pola kemitraan, tidak berbasis biaya, kami haturkan banyak terima kasih.

Adapun judul penelitian yang akan diseminasikan adalah Pengolahan Getah Salak menjadi bahan pengenyal alami oleh Muharram Fajrin Harahap S.Pi, M.Si (UMTS), Persepsi masyarakat terhadap kebersihan kota yang indah teratur dan nyaman dalam meningkatkan pembangunan di kota Padangsidimpuan Oleh Dra. Nursiah Hasibuan, MAP (UGN).

Upaya penanganan kekerasan pada anak (studi kasus kantor P2TP2A wilayah Tabagsel) Oleh Muhammad Syukri Pulungan, M.A (IAIN) dan (IPTS) Analisis Mutu Air Minum Isi Ulang di Kota Padangsidimpuan berdasarkan persyaratan mikrobiologi Oleh Rizky Amelia Dona Siregar, M.Si. (Bw)