Advokatnews | Bekasi – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bekasi mengadakan Turnamen Sepak Bola Gala Siswa Indonesia (GSI) tahun 2022 untuk sekolah tingkat SMP se-Kabupaten Bekasi.

Pelaksanaan GSI tersebut akan berlangsung pada 23-27 Mei 2022. GSI di tingkat Kabupaten Bekasi ini sebagai rangkaian turnamen sepakbola di tingkat provinsi dan nasional.

Kegiatan GSI dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, Carwinda, bertempat di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, yang dihadiri Sekretaris Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora), Kepala Bidang Pembinaan SMP, Kasi Peserta Didik dan Pendidikan Berkarakter, Kasi Kurukulum dan Penilaian, Kasi Lembagaan, serta Kepala Sekolah SMP se-Kabupaten Bekasi pada Senin (23/5/2022).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, Carwinda mengatakan GSI tingkat Kabupaten sudah dua tahun tak diadakan karena terkendala Covid-19.

“Gala Siswa Indonesia (GSI) ini biasanya diadakan setiap tahun dan berjenjang dari awal tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional. Selama dua tahun pandemi Covid tidak diselenggarakan dan sekarang dimungkinkan untuk diselenggarakan,” ungkap Carwinda pada pembukaan GSI di Stadion Wibawa Mukti, Senin (23/05).

Ia menuturkan bahwa kegiatan turnamen sepakbola ini juga menjadi ajang silaturahmi antar sekolah. Apalagi selama dua tahun kebelakang ajang tersebut tidak diselenggarakan.

Selain itu, kata Carwinda, turnamen GSI tingkat Kabupaten Bekasi ini dapat memunculkan bibit-bibit pemain bola berprestasi. Tentunya yang memiliki talenta dan ketertarikan sebagai pemain bola dari Kabupaten Bekasi.

“Kita bisa melihat munculnya bibit-bibit pesepakbola, punya talenta yang bagus kedepan itu dikembangkan organisasi sepakbola yang berkeinginan untuk berkarir sebagai pesepakbola,” ujarnya.

Jadi kesempatan ini, lanjutnya, menjadi agenda rutin dan seleksi juga diadakan di tingkat kabupaten dan akan bertanding di provinsi nanti.

Perlu diketahui bahwa Turnamen GSI ini diikuti oleh 39 tim dari berbagai sekolah tingkat SMP baik negeri maupun swasta di Kabupaten Bekasi.

Pertandingan yang diadakan selama lima hari ini digelar di 5 stadion yaitu Stadion Wibawa Mukti, Stadion Mini Cikarang, Lapangan SMPIT Taruma, Lapangan Persebta, dan Lapangan BJS Cikarang Barat. (*Je)