Advokatnews | Karawang – Sebentar lagi pemerintah kabupaten Karawang akan mengelar pesta demokrasi pemilihan Calon Kepala Desa (Cakades) secara serentak Gelombang II. Ajang kontestasi pilkades ini berlangsung pada hari minggu 21 maret tahun 2021 yang diikuti 177 desa tersebar di beberapa Kecamatan di Kabupaten Karawang. Sabtu, (13/03/2021).

Dari 30 Kecamatan salah satu yang mengikuti pilkades yaitu desa Karyamukti Kecamatan Lemah Abang. Jumlah kandidat calon Kepala Desa (Cakades) Karyamukti sebanyak 5 kandidat, sesuai nomor urut hasil undian. Nomor 1 Lukas hadiyan, Nomor 2 Siti rohimah, Nomor 3 Endang M.M, Nomor 4 Asep Sudarma dan Nomor 5 N.A Hanapi.

Dikatakan Ketua panitia 11 pilkades Karyamukti, Surya diningrat S.H, dirinya mengaku telah intruksikan kepada semua Pengurus panitia11 untuk menjaga netralitas, tidak boleh memihak kepada salah satu calon Kepala Desa.

“Dan Alhamdulilla pengurus panitia 11 netral semuanya, selanjutnya perjalanan tahapan sedang berjalan dengan baik dan lancar. Meski demikian data jumlah hak pilih Dalam daftar pemilih tetap (DPT) pilkades Karyamukti sebanyak 6114 yang terbagi menjadi 15 TPS”. Ungkapnya.

Harapannya, kata Surya Diningrat S.H, pilkades Karyamukti bisa menjadikan pilkades, damai, aman, tertib. Langsung Umum Bebas dan Rahasia ( LUBER ), oleh sebab itu di pilkades Karyamukti ini merupakan salah satu momentum penting dalam rangkaian proses tahapan pemilihan kepala desa, demi terciptanya keamanan, ketertiban dan ketentraman masyarakat desa Karyamukti dalam berdemokrasi.

“Momentum ini untuk membuktikan adanya kesatuan dan persatuan serta semangat kebersamaan dalam mewujudkan pelaksanaan Pemilihan kepala desa yang sebentar lagi terlaksana,”ujarnya.

Menurutnya, walaupun ini ajang demokrasi tingkat desa, namun gesekan antar masyarakat itu bisa lebih kencang ketimbang ajang pemilihan kepala daerah (Pilkada) maupun pemilihan Presiden (Pilpres), sehingga kami berupaya tercipta situasi yang kondusif.

“Oleh karena itu, saya sebagai ketua panitia 11 pilkades Karya mukti kecamatan Lemahabang (Surya diningrat S.H),mengajak kepada semua masyarakat desa karyamukti baik pendukung calon Kepala Desa nomor1 sampai nomor urut 5, walaupun kita berbeda-beda pilihan tapi tetap satu warga atau masyarakat Desa Karyamukti pilihan bisa beda tetapi persatuan dan kesatuan tetap bersama, sehingga terciptanya situasi yang kondusif di pilkades karyamukti ini, masyarakat harus bersikap dewasa, agar ajang Pilkades karyamukti ini akan berjalan, sukses tanpa ekses”. Tutupnya. (Ur/ mr)