Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan melalui Dinas Pendidikan Dayah Aceh Selatan mengelar kegiatan manajemen tata kelola dayah/pesantren Se-Kabupaten Aceh Selatan, Selasa (27/10/2020)(Foto/Zulfan)

Advokatnews|Aceh Selatan -Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan melalui Dinas Pendidikan Dayah Aceh Selatan mengelar kegiatan manajemen tata kelola dayah/pesantren Se-Kabupaten Aceh Selatan, berlangsung di Aula Hotel Diana Rana Tapaktuan, Selasa (27/10/2020)

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Selatan, Drs Farid Wajidi kepada awak media mengatakan, Pelatihan tata kelola manajemen dayah/pesantren terdiri enam angkatan yang dilaksanakan selama tiga hari dan tiga gelombang dimulai dari pelatihan pimpinan dayah dan selanjutnya diikuti para guru dayah/pesantren yang berjumlah peserta 264 orang dalam Kabupaten Aceh Selatan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu dayah/pesantren terutama dalam kurikulum dan administrasi dayah/pesantren dalam Kabupaten Aceh Selatan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Farid Wajidi menyampaikan dengan adanya pelatihan ini diharapkan ke depan semua dayah yang ada dikabupaten Aceh Selatan memiliki manajemen yang baik dan berkualitas sehingga terlaksanannya tertib adminitrasi disamping itu juga dapat tertata dengan baik dan benar semua informasi yang dibutuhkan di dayah.

Pada kesempatan itu juga, Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran melalui Sekdakab Aceh Selatan, H. Nasjuddin, SH MM mengatakan keberadaan dayah sebagai lembaga pendidikan keagamaan ini semakin dikenal luas oleh masyarakat.

“Berbagai sektor pendukung guna meningkatkan keberhasilan dayah terus ditingkatkan. sektor-sektor tersebut tidak terlepas dari tujuan dayah, yaitu melahirkan generasi muda Islam yang berkualitas dari segi agama, sains dan teknologi namun tetap berjiwa dayah,”kata Nasjuddin.

Kembali Sekdakab Aceh Selatan menyampaikan, Bagi para pengurus dayah dengan digelarnya pelatihan ini agar memahami mengenai tata kelola aset dayah dan di data dengan sebaik baiknya. dikarenakan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi peserta yang mewakili dari tiap-tiap dayah dalam Kabupaten Aceh Selatan.

Adapun narasumber pemateri dalam pelatihan tersebut yakni Prof.Dr Farid Wajdi (Mantan Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh), H.Abrar Zym, S.Ag (Mantan Kabid Pontren Kanwil Kemenag Aceh) unsur Dinas Pendidikan Dayah Aceh Selatan, unsur Kakan Kemenag Aceh Selatan, unsur Dinas Arsip dan Perpustakaan Aceh Selatan dan Dinas Infokom, Persandian Aceh Selatan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran diwakili Sekdakab Aceh Selatan H. Nasjuddin, SH MM, Wakil Ketua II DPRK Aceh Selatan, Ridwan, A.md, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Aceh Selatan, Suriadi Anwar, S.Ag. (Zulfandi)