Advokatnews | Tubaba Lampung – Hari Senin 01 Maret 2021, Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) mengikuti peringatan HUT Ke -102 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan secara virtual, acara tersebut di Ruang Rapat Umum Bupati setempat, Selasa (02-03-2021).

Hadir pada acara, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, TNI, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, seluruh Kabid, Kasi dan anggota Dinas Pemadam Kebakaran dan Pelayanan Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Tema HUT Damkar kali ini menyongsong tema “Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang profesional, mandiri dan melayani dalam mendukung adaptasi kebiasaan baru.”
Upacara dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri Jakarta.

Dalam sambutan yang dibacakan secara virtual Kemendagri meminta kepada Pimpinan Kepala Daerah agar lebih memperhatikan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan untuk memenuhi atau melengkapi sarana prasarana agar kerja secara maksimal.

“Jangan hanya terkunci kepada kegiatan kebakaran tetapi perkuat juga kegiatan penyelamatan,” tegasnya.

Sementara itu, Plt. Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Tulang Bawang Barat Sopyan Nur, mengatakan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan adalah OPD yang baru terbentuk di Tahun 2021 ini.
Tentunya, banyak hal yg harus dibenahi dan dipenuhi, mulai dari sarana prasana dan personilnya, untuk itu Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat kedepannya akan banyak memperhatikan kebutuhan dan meningkatkan profesionalisme Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

”Kita harus tetap terus bergerak, untuk menanggulangi bencana, kebutuhan dan permasalahan masyarakat, ke depan jika terjadi kebakaran atau butuh penyelamatan saat bencana personil sudah harus siap,” ungkapnya.

Selanjutnya, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Tulang Bawang Barat, Apriansyah, menyampaikan bahwa kedepannya akan lebih maksimal lagi dalam bekerja dengan mengoptimalkan apa yang dimiliki Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan saat ini. (pwr)