Magelang,advokatnews-Presiden Republik Indonesia Ir.H Joko Widodo (Jokowi) kepada wartawan menyampaikan,bahwa dirinya memastikan ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) telah menjalani observasi selepas di evakuasi dari Provinsi Hubei, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), saat ini dalam kondisi sehat,dan siap kembali berkumpul bersama keluarga.
Tercatat ada  285 (dua ratus delapan puluh lima) orang,di Natuna,Provinsi Kepulauan Riau.”Mereka telah menjalani masa observasi selama 14 hari di Natuna yang mana hal tersebut sesuai dengan protokol kesehatan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO),”ujar Presiden Jokowi,saat berada,di kabupaten Magelang,Jawa Tengah,Jumat (14/2/2020).
Menurutnya,Itu proses protokol kesehatan dari WHO yang kita ikuti secara ketat. Karantina di Natuna juga ketat diawasi, dicek harian. Sekarang sudah 14 hari, memang protokolnya seperti itu.”Hal ini sekaligus menepis kekhawatiran mengenai kondisi mereka, selepas kembali ke tengah keluarga dan masyarakat,”ungkap Presiden Jokowi.
“Jadi kalau sekarang mereka kembali ke masyarakat,ya itu dipastikan bahwa prosedur sudah dilalui dan kembali,” tukasnya.
Informasi yang dihimpun media ini,sebanyak 285  orang akan segera dipulangkan dari Natuna selepas observasi tersebut,diantaranya  terdiri  237  (dua ratus tiga puluh tujuh) WNI yang tinggal di Provinsi Hubei, RRT 1 (satu) diantaranya  WNA (suami dari WNI), 5  (lima) anggota tim pendahulu KBRI Beijing, dan 42 (empat puluh dua)  orang dari tim penjemput,termasuk kru pesawat dan petugas kesehatan.(Zainal)