Pemerintah Aceh Selatan melalui Dinas PUPR Aceh Selatan telah memerintahkan Kabid Sumber Daya Air untuk memulai kegiatan normalisasi saluran irigasi di Gampong Alurmas, Selasa (15/09/2020)(Foto/Zulfan)

Advokatnews|Aceh Selatan– Pemerintah Aceh Selatan melalui Dinas PUPR Aceh Selatan telah memerintahkan Kabid Sumber Daya Air untuk memulai kegiatan normalisasi saluran irigasi di gampong tersebut, hal ini ditanggapi dari keluhan dan keinginan masyarakat Alurmas kecamatan Kluet Utara untuk segera difungsikan kembali saluran irigasi.

“Menyahuti permintaan masyarakat gampong Alurmas terhadap kondisi irigasi yang sudah lama tidak berfungsi, Bupati Aceh Selatan telah memerintahkan Dinas PUPR melalui bidang Sumber Daya Air untuk melakukan normalisasi saluran irigasi yang sudah penuh dengan sedimentasi material longsoran sekarangpun sudah membuahkan hasil,” ucap Rima Eved.ST.MSP kepada wartawan di Tapaktuan, Selasa (15/9/2020) sore.

Ia melanjutkan Kadis PUPR Aceh Selatan, Muhammad Yunus. ST telah menugaskan dirinya untuk langsung melakukan normalisasi tersebut, diharapkan pelaksanaannya berjalan lancar agar masyarakat yang umumnya petani di Alurmas dapat kembali mengolah sawahnya dengan baik.

“Iya hari ini telah kami tindak lanjuti perintah tersebut untuk dengan menurunkan escavator ke lokasi dan alat ukur untuk memastikan elevasi saluran existing nanti sesuai rencana,” lanjutnya.

Ia menjelaskan, tujuan dilakukan langkah tersebut agar kekurangan pasokan air ke sawah warga tercukupi, pasalnya saat ini petani mulai giat melakukan tanam ke dua tahun 2020.

“Kita doakan kegiatan ini berjalan sukses dan sejalan dengan kebijakan ketahanan pangan nasional dalam masa pandemi covid 19 saat ini,” pungkas Rima.

Sementara itu Keuchik gampong Alurmas Zainal mengucapkan terima kasihnya atas respon pemerintah untuk melakukan normalisasi saluran irigasi yang sudah sekian lama terbengkalai itu.

“Kami sangat berterima kasih atas respon pemerintah Aceh Selatan ini, tadi pak Rima langsung turun ke lokasi, kami berharap setelah normalisasi ini dilakukan pemerintah daerah dapat meningkatkan pembangunan kembali hingga layak digunakan kembali,” ucapnya berharap.(Zulfan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here