Advokatnews I Kabupaten Sukabumi – Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri meninjau berbagai pembangunan di tahun anggaran 2022,di mulai dari peninjauan Mini Soccer Cikiray Kecamatan Cisaat dan berakhir ke Balai Benih Ikan(BBI)Talaga Kecamatan Caringin.

Berdasarkan data yang di himpun,Mini Soccer Cikiray Cisaat merupakan fasilitas olahraga yang di bangun Pemerintah Daerah melalui Dinas Kebudayaan,Pemuda dan Olahraga(Disbudpora)Kabupaten Sukabumi,lapangan seluas 60×40 meter persegi berstandar internasional dan hampir selesai pembangunannya. Rabu 2/11/2022.

Sementara itu di BBI Talaga telah terbangun 7 kolam ikan,7 kolam yang di bangun seluas 1,9 hektar are bersumber dari APBD,DAK dan Bankeu.

Iyos Somantri mengatakan berbagai pembangunan yang di tinjaunya sudah hampir selesai,meskipun baru selesai untuk tahap pertama,”baik BBI Talaga maupun mini soccer merupakan proyek berkelanjutan,dalam tahap awal ini pembangunannya sudah hampir selesai,”ujarnya.

Proyek ini harus di lanjutkan setiap tahunnya sehingga berbagai fasilitas yang ada bisa sempurna,”sebab proyek ini berkelanjutan yang harus dilakukan di tahun mendatang dan perlu beberapa tahap lagi hingga seluruh fasilitas tersedia,”imbuhnya.

Proyek ini berdampak besar bagi masyarakat sehingga harus di tingkatkan dan di prioritaskan terutama dalam peningkatan ekonomi masyarakat,kesehatan masyarakat serta menumbuhkembangkan animo masyarakat terhadap olahraga serta kedepannya menjadi sumber PAD untuk kabupaten sukabumi,ungkapnya

Subkor Pengembangan dan Pembinaan Olahraga Prestasi Disbudpora Kabupaten Sukabumi Shindu Yama Aditya mengatakan pembangunan mini soccer cikiray Cisaat sudah hampir selesai dengan progres pekerjaan sekitar 87 persen,bahkan mungkin selesai dalam waktu sepekan,”kegiatan tahap pertama sudah hampir selesai tinggal pemasangan kawat harmonika dan pemasangan rumput sintetis dan tahap pembangunan berikutnya untuk melengkapi fasilitas penunjang lainnya,tuturnya

Kepala UPTD BBI Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi Iin Lidinillah mengatakan 7 kolam yang di bangun terdiri dari 3 kolam berasal dari Bankeu,1 dari DAK, 3 kolam tanah dari APBD,jadi keseluruhannya ada 7 untuk tahun anggaran 2022,bebernya.

Kolam ikan di BBI Talaga akan di gunakan untuk pengembangan ikan hias dan konsumsi terutama ikan koi dan nila,sekarang sedang tahap uji coba dengan kolam yang ada dan hasilnya cukup memuaskan,pungkas Iin.