Advokatnews, Bitung | Sulawesi Utara-  Dalam rangka perayaan may day tahun 2021 seminar sehari serikat buruh sejahtera indonesia kota bitung yang bertempat di balai pertemuan umum, yang di laksanakan oleh dewan pengurus cabang federasi serikat buruh makanan, minuman, restoran, pariwisata, hotel dan tembakau DPC FSB KAMPARHO kota bitung dan dihadiri kurang lebih 50 orang,(30/04/2021).

Kegiatan tersebut telah di hadiri oleh kadis disnaker BPK (WENAS LUNTUNGAN SH MH) dan beliau lah yang mewakili walikota bitung didalam kegiatan tersebut beserta, mediator disnaker bitung (MARIA ANDAKI S.SOS), ketua DPC kota bitung (RUSDYANTO MAKAHINDA), PDT (ITA UMBOH S. TH), panitia (OLEH MARVIN BERHITU), sekretaris panitia (OLTEN SIKOPONG), PT. sig asia oleh PT. lautan biru sulawesi LBS (EKO), PT. sig asia oleh (VALERY MR LOY), (ADEL), kepala BPJS ketenagakerjaan kota bitung (WIDI).

Sambutan DPC FSB KAMIPARHO kota bitung oleh RUSDYANTO MAKAHINDA ketua DPC yang intinya perayaan hari buruh dunia tahun ini sabtu tanggal 01 mei 2021 pukul.09.00 wita dilaksanakan dalam bentuk seminar di gedung BPU pemkot bitung agar tidak turun orasi di jalan-jalan dikarenakan menjaga prokes yang dilaksanakan.

Sambutan pemerintah sekaligus membuka kegiatan oleh Walikota Bitung/Wakil Walikota yang diwakili oleh Kadis Disnaker BPK Wenas luntungan SH MH yang intinya, seminar yang dilaksanakan hari ini agar diatur dengan protokol kesehatan intinya memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan ini harus di lakukan serta menjaga imun tubuh kita supaya tetap sehat dan tetap produktif.

ini adalah harapan pemerintah agar persoalan-persoalan tenaga kerja yang terjadi di kota bitung dalam beberapa tahun terakhir ini dapat ditangani dan diatasi oleh mediator yang ada, di dinas tenaga kerja ada prediksi pandemi covid 19 ini meporak porandakan sebagai sektor dan melibatkan para pekerja, UU 11 tahun 2020 tentang cipta kerja dan tema hari buru internasional (recovery together) yang menyemangati kita, menguatkan kita, baik pemerintah pekerja, maupun kopindo untuk bersinergi membangun indonesia dari kota bitung.

Pak presiden katakan bahwa kita harus kerja, dan kerja, ini mempunyai makna yang dalam dari kita bekerja, jangan sampai terjadi kecelakaan kerja, kalau aparat pemerintah hati-hati, sesuai ketentuan, jangan keluar dari rel dan tugas dilakukan sebaik-baiknya sesuai hukum yang berlaku, tuturnya.

Dilanjutkan dengan sosialisasi PP No 35 Tahun 2021 Mediator Disnaker bitung (maria A (andaki S.E), rencana pengoperasian PT, sig asia oleh PT, lautan biru sulawesi (LBS) oleh eko dari LBS, tanggapan PT, sig asia oleh (valery mr loy), tanggapan karyawan dan serikat buruh oleh (adel) dan (rusdyanto makahinda), dilanjutkan
sosialisasi antrian online dan onsite di BPJS ketenagakerjaan oleh (widi) kepala BPJS ketenagakerjaan kota bitung.

Begitujuga testimoni terkait antrian online di BPJS TK oleh (erens tenda) oleh serikat buruh, dan sosialisasi terkait proses penerbitan sertifikat di BTN setelah kreditur melunasi kreditnya oleh kepala bank tabungan negara kota bitung, dan testimoni debitur ketika mengurus sertifikat di BTN oleh (jerry yacobus) dan (syane worotikan).

Kemudian dilanjutkan dengan pembentukan komisi panitia komisi 1 membahas terkait pengoperasian PT, sig oleh PT, (LBS) dan status karyawan sebelumnya komisi 2 membahas terkait antrian online dan onside di BPJS TK komisi 3 membahas terkait pengurusan sertifikat di BTN.

Kegiatan Seminar tersebut mendapat pengamanan terbuka dan tertutup dari personil POLRES kota bitung dan POLSEK maesa kota bitung beserta jajarannya, dan kegiatan tersebut berjalan sesuai dengan protokol kesehatan (covid 19).

(TOMMY,T)