Advokatnews | Bekasi – Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan bersama Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Nur Chaidir tinjau langsung bantuan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu), di Kampung Garon, Desa Setialaksana, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, pada Rabu (22/06/2022).

Dani Ramdan mengatakan, bantuan Rutilahu ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam membantu masyarakat agar memiliki rumah layak huni.

“Kami ingin masyarakat Kabupaten Bekasi bisa memiliki rumah yang layak huni, karena rumah merupakan kebutuhan dasar selain air dan listrik,” kata Dani Ramdan.

Oleh karena itu, lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Bekasi memberikan program Rutilahu kepada masyarakat yang rumahnya tidak layak huni.

Dani Ramdan mengungkapkan, Pemkab Bekasi tahun ini memberikan program Rutilahu bagi 2.500 rumah tidak layak huni.

Dirinya berharap dengan rumah yang sudah layak huni, bisa menjadikan kehidupan yang lebih sehat dan sejahtera.

“Kami harap dengan rumah yang sudah layak huni, bisa berdampak hadirnya keluarga yang sehat dan sejahtera, sehingga biaya kesehatan menurun,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Disperkimtan Kabupaten Bekasi, Nur Chaidir, mengungkapkan bahwa pembangunan rutilahu itu merupakan prioritas pembangunan bagi pemerintah kabupaten Bekasi.

“Dibandingkan dengan pembangunan kontruksi jalan, Rutilahu itu lebih prioritas, karena itu lebih penting untuk tempat tinggal masyarakat,” kata Nur Chaidir.

Dirinya juga berharap masyarakat kabupaten Bekasi ini bisa mendapatkan kesejahteraan dan kesetaraan sosial dalam hal tempat tinggal atau rumah layak huni.

“APBD kabupaten Bekasi itu besar, jadi masyarakatnya pun harus bisa merasakan dampaknya selain daripada infrastruktur jalan yang terus kita tingkatkan atau kita perbaiki,” ujar Nur Chaidir.

Perlu diketahui bahwa untuk Desa Setialaksana, Kecamatan Cabangbungin mendapatkan sebanyak 20 unit rumah program bantuan Rutilahu dari Pemerintah Daerah. (*Je/Rilis)