Advokatnews|Aceh Tengah-Dalam rangka memperingati hari tani yang jatuh pada 24 september masyarakat Umang Isaq kecamatan Linge Kabupaten Aceh Tengah sangat berharap terhadap perkembangan pertanian dan pembibitan yang unggul terhadap petani. Hal ini disampaikan oleh salah satu warga, Raden ( Aman Ayu ) yang berdomisili di perkampungan tersebut,Jum’at (25/09/ 2020).

“Saya berharap ada bibit unggul yang di berikan pertanian maupun yang lainya supaya kami bisa mengembagkan pembibitan Padi tanpa memilih untuk menanam yang lain-lain katanya.

Mengingat Desa tersebut merupakan salah satu Desa yang memiliki lahan pertanian Sawah yang cukup luas dan cocok untuk tanaman sejenis padi. Beberapa tahun terakhir kondisi lahan persawahan hampir rata tidak di fungsikan dengan semsetinya dikarenakan lahan tersebut di alihkan untuk tanaman palawija seperti kacang, tomat dan lain-lain.

Sumber peraian di pemukiman tersebut juga langsung berasal dari sungai yang tidak jauh dari persawahan warga. Biasanya padi yang ditanam di jadikan bibit namun terkendala dengan unsur ekonomis yang melunjak tinggi yang mengharuskan petani menjual semuanya.

Aman Ayu mengatakan Kepada Advokat News Hampir 3 tahun terakhir kami tidak menanam padi ini karena barang barang naik karena jauh dari perkotaan jalan juga rusak, biasanya kami langsung memisahkan bibit Padi dan yang di kosumsi, namun itu tadi kami harus menjualnya tutur Aman Ayu

Hasilnya masyarakat petani padi harus kehilangan bibit padi dan memilih untuk menanam tanaman yang lebih cepat produktip di bandingan dengan padi yang kisaran panennya empat sampai lima bulan.

Terakhir beliau menyampaikan kepada pihak dinas pertanian agar memperhatikan potensi pertanian di perdesaan dengan menyediakan bibit dan dapat memfungsikan kembali persawahan warga agar perkembangan pertanian selalu jaya dan kebutuhan mencukupi dengan tidak harus menjual seluruh hasilnya.

” Saya ingin petani bersawah kembali seperti dulu, kepada bapak bapak di pertanian agar bisa memberikan bibit dan petani bisa kembali bersawah serta pendampingan agar perawatan dan hasilnya maksimal, kalu tidak nanti kami jual lagi hasilnya”.tutupnya.(Mawardi)