Kepala DP3A-KB Aceh Selatan, Yulmainar SE dalam kata sambutan memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27, Senin (29/06/2020) (foto/ZF)

Advokatnews|Aceh Selatan –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3A-KB) memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 Tahun 2020.

Peringatan Harganas ke-27 yang di gelar Dinas DP3A-KB berlangsung di komplek Puskesmas Tapaktuan, Jalan TR Angkasa, Gampong Lhok Bengkuang Timur, Kecamatan Tapaktuan, Senin (29/6/2020).

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran berserta istri, Khailida S.PdI yang juga Ketua TP PKK Kab. Aceh Selatan, unsur Forkopimda, para Kepala SKPK, unsur Forkopincam Tapaktuan, dan undangan lainnya.

Kepala DP3A-KB Aceh Selatan, Yulmainar SE menjelaskan, kegiatan memperingati Harganas ke-27 hari ini juga diperingati secara serentak di seluruh Indonesia.

“Hal serupa juga digelar di Kabupaten Aceh Selatan, bahkan seluruh kecamatan yang tersebar di Aceh Selatan juga melaksanakan kegiatan ini. Selain itu, kita juga sudah melaksanakan program mengunjungi kepelosok – plosok desa dalam Kabupaten Aceh Selatan dalam pemberian pelayanan Kb,” jelasnya.

Semenatra, Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran dalam kata sambutannya diantaranya menyebutkan, program keluarga berencana harus mendapat perhatian khusus dalam kerangka pembangunan nasional yang berkelanjutan.

“Seperti yang telah diamanatkan dalam Undang Undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga,” sebutnya.

Menurutnya, disaat Covid-19 menjadi pendemo di Indonesia dan dunia, kasus pertama penyakit ini masuk Indonesia pada 02 Maret yang diumumkan langsung Presiden RI Joko Widodo, hal ini jelas akan mempengaruhi segala sektor termasuk pada program keluarga berencana.

Melalui momen peringatan Harganas ke-27 tahun 2020 dengan segala keterbatasan kondisi dan upaya saat ini BKKBN berinisiatif melakukan pelayanan KB serentak sejuta akseptor.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pesan bagi keluarga tentang kesiapan pelayanan kontrasepsi untuk melayani kebutuhan para keluarga,” ucapnya.

Bupati Tgk. Amran juga mengajak semua pihak agar menjadikan hari keluarga sebagai momentum untuk melakukan intropeksi, evaluasi, dalam membangun kelurga.

“Kami berharap semoga Harganas ke-27 ini dapat dijadikan daya ungkit bagi sinergitas antara BKKBN, dengan TP PKK Pemerintah Daerah dalam membangun bangsa mewujudkan Indonesia sejahtera,” pungkasnya.(ZF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here