Bekasi, Advokatnews- Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk warga terdampak covid-19 akhirnya dapat di terima oleh warga desa Kertarahayu kecamatan Setu Kabupaten Bekasi pada Rabu, (03/05/2020).

Penyaluran dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang di serap atau bersumber dari anggaran Dana Desa  tahun anggaran 2020 tersebut di berikan kepada 271 keluarga senilai Rp.600.000/KK selama tiga bulan.

“Kami selaku pemerintahan desa Kertarahayu, alhamdulillah pada hari ini melakukan penyaluran dana bantuan langsung tunai (BLT) kepada warga yang terdampak covid-19 yang bersumber dari anggaran Dana Desa (DD) sebanyak kurang lebih 271 keluarga dengan rincian 600ribu/bulan selama tiga bulan,” Kata Rudi Catur Pribadi selaku Kepala Desa Kertarahayu (03/05/2020).

Lanjutnya, “Untuk hari ini dilakukan pembagian sekaligus tahap satu dan tahap dua, jadi warga penerima BLT mendapatkan uang tunai senilai satu juta dua ratus ribu rupiah itu untuk dua bulan, dan untuk tahap selanjutnya nanti di bulan berikutnya kemungkinan akan mengunakan ATM”.

Tidak perlu waktu yang lama bagi warga yang mengantri untuk mendapatkan dana BLT tersebut, warga hanya di haruskan untuk membawa foto copy kartu keluarga (KK) dan foto copy KTP untuk di sesuaikan dengan data yang telah ada pada petugas pembagian BLT.

Kegiatan pembagian bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa (DD) tersebut melibatkan segenap aparatur pemerintahan desa tingkat atas sampai tingkat bawah, Babinsa, Bhinmaspol, dan juga team satgas covid-19.

Sebelum dana BLT di berikan kepada warga, dilakukan pendataan dan sleksi terlebih dahulu sesuai dengan kriteria yang benar-benar layak untuk mendapatkan dana BLT, ” Kita sleksi untuk yang layak mendapatkan bantuan seperti korban PHK, keluarga miskin, pekerja kuli bangunan, kita sleksi mulai dari pengajuan tingkat RT juga team satgas covid-19 agar bantuan di salurkan benar-benar tepat sasaran ” ucap Dedi selaku ketua BPD desa kertarahayu.

Masih sambungnya, “Harapan kami pemerintahan desa, mudah-mudahan pembagian BLT ini dapat bermanfaat bagi warga desa yang terdampak covid-19, aman dan kondusif dalam proses pembagiannya,” Tutupnya.(***Uje)