Advokatnews | Kota Bekasi – Dewan Pengurus Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Bekasi periode 2021-2026 diharapkan dapat bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi dalam membangkitkan perekonomian, lebih khusus warga Kota Bekasi serta masyarakat Jawa Barat pada umumnya pasca pandemi Covid-19.

Harapan itu disampaikan Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi saat memberikan amanat sambutannya dalam acara pelantikan pengurus KADIN Kota Bekasi yang berlangsung di Hotel Santika Bekasi pada, Senin (18/10/2021) pagi.

“Dua tahun ini potensi PAD dan ekonomi kita jalan di tempat karena Covid-19. Kondisi ekonomi lumpuh, kesehatan lumpuh, ya karena memang berat sekali beban kita dalam menanggulangi Covid ini,” ucap Rahmat Effendi dalam sambutannya.

Namun, Wali Kota juga mengakui bahwa semua tetap patut disyukuri karena capaian pelaksanaan vaksinasi di Kota Bekasi sudah di atas 70 persen. Menurut dia, Pemkot Bekasi butuh sinergitas dari para pelaku usaha untuk meningkatkan pemasukan, baik dari pajak maupun retribusi lainnya.

Untuk membangkitkan kembali perekonomian di Kota Bekasi, kata Rahmat Effendi, Pemkot Bekasi saat ini memberikan kemudahan-kemudahan perizinan kepada para pelaku usaha. Menurut dia, dengan memberikan kemudahan perizinan berusaha, PAD akan terus meningkat.

“Kita harus buka keran-keran investasi dan laju pertumbuhan ekonomi di Kota Bekasi. Kita satu padukan gimana kita menerobos dan membangun ekonomi yang mantap di Kota Bekasi,” ujar Rahmat Effendi.

Dia juga mengaku yakin dan percaya dengan kepemimpinan Muhammad Gunawan sebagai Ketua KADIN masa bhakti 2021-2026, akan mampu meningkatkan perekonomian di Kota Bekasi.

“Mudah-mudahan ya Kadin Kota Bekasi didorong terus bersinergi bersama agar berdampak positif bagi masyarakat Kota Bekasi,” tandasnya.

Ketua KADIN Jawa Barat, Cucu Sutara dalam sambutannya juga meminta agar KADIN Kota Bekasi bersinergi dengan Pemerintah Daerah. Dia juga memuji kepengurusan kali ini, karena bisa menghadirkan Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi dan Ketua DPRD Kota Bekasi Choiruman J Putro.

“Saya berharap teman-teman semua lebih semangat memajukan KADIN Kota Bekasi. Setelah dilantik langsung bekerja, menyusun program rencana kerja kedepannya, bagaimana kita bisa bekerjasama dengan Pemda juga dengan DPRD,” kata Cucu Sutara.

Dia juga berharap kepada Ketua DPRD Kota Bekasi Choiruman J Putro dan anggota DPRD Yogi Kurniawan dari Partai Golkar untuk memberikan dukungan kepada pengurus KADIN yang baru dilantik.

“Dewan Pengurus KADIN kiranya dibantu untuk kemajuan Kota Bekasi. Dan, untuk teman-teman semua pengurus mulai sekarang silahkan aktif bersinergi dan berkomunikasi dengan Pemkot Bekasi.

Setelah pelantikan jangan berdiam diri, kita bergerak gandeng para pengusaha swasta maupun negeri, Insyaallah Kota Bekasi akan maju,” katanya.

Cucu Sutara juga berharap agar KADIN Kota Bekasi meningkatkan investasi yang berkaitan dengan ekspor dan pengembangan UMKM. Dia mengingatkan agar pengurus KADIN tidak hanya bicara APBD atau proyek konstruksi pengadaan kecil.

“Pak Gunawan dan kawan-kawan jangan hanya bicara APBD, tapi lebih besar bagaimana memikirkan investasi, memikirkan ekspor dan memikirkan naiknya UMK Kota Bekasi, termasuk sektor-sektor yang lain,” lanjut Cucu.

“Dalam kesempatan ini saya mohon kepada Pak Gunawan dan kawan-kawan, mari jadikan kehadiran Wali Kota Bekasi dan ketua dewan menjadi moment penting untuk kita berinovasi dan tentunya berimprovisasi dalam rangka membangun kerjasama sinergitas dengan pemerintah daerah,” tegas Cucu Sutara.

Sementara itu Ketua KADIN Kota Bekasi, Muhammad Gunawan dalam sambutannya meminta semua pengurus agar tetap solid dan bersatu memajukan perekonomian di Kota Bekasi.

“Teman-teman ayo semangat memajukan KADIN Kota Bekasi. Yang udah-udah jangan dipikirkan lagi. Semua hidup itu ada cobaan. Jadi janganlah kita mundur. Marilah kita bikin ke depan KADIN lebih bermanfaat buat masyarakat Kota Bekasi,” ujar M. Gunawan.

Ketua panitia pelaksana Pelantikan dan
Rapimkota Dewan Pengurus KADIN Kota Bekasi, Heriyanto kepada wartawan, mengaku sangat lega karena kegiatan ini berlangsung secara tertib dan dengan penuh khidmat.

Dia juga berharap semua pengurus KADIN Kota Bekasi tetap solid dan bersatu meningkatkan perekonomian di Kota Bekasi, mulai dari tingkat UMKM hingga perekonomian yang lebih besar.

Menurut Heriyanto, pelaksanaan kegiatan kali ini sengaja diberi tema, “Penguatan Peran dan Fungsi Kamar Dagang dan Industri (KADIN) sebagai Penggerak Ekonomi dan Industri Daerah”.

Sebelum pelantikan dilakukan, kata Heriyanto, acara diawali dengan kegiatan orientasi dan pembekalan pengurus. Kemudian, usai pelantikan dilanjutkan penandatanganan kerjasama dengan Bank BTN, BRI, dan Pegadaian serta pemberian santunan kepada anak yatim piatu. (Darso)