Pangkalpinang – Advokat news.com //
Petugas Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang mendapatkan Penyuluhan Hukum yang diberikan oleh Divisi Pelayanan Hukum Kanwill Kemenkumham Babel, Senin (18/07/2022).

Kegiatan Penyuluhan Hukum ini dilaksanakan dalam rangka penyebarluasan informasi dan pemahaman petugas pemasyarakatan terhadap norma hukum dan peraturan perundang-undangan tentang perlunya deteksi dini dan langkah-langkah yang harus dilakukan sebagai bentuk pencegahan dari peredaran Narkoba yang sedang mewabah saat ini di daerah tertentu.

Selain itu, adanya kegiatan penyuluhan hukum bagi petugas pemasyarakatan ini juga merupakan tindak lanjut dari instruksi langsung Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI terkait implementasi Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor : M.01-PR.08.10 Tahun 2007 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor : M.01-PR.08.10 Tahun 2006 tentang Pola Penyuluhan Hukum.

Kegiatan dilaksanakan di Gallery Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang, Kegiatan ini Dihadiri oleh Bpk. Eko Saputro selaku Kepala Bidang Hukum pada Divisi Pelayanan Hukum, Kanwil Kemenkumham Babel beserta jajaran serta diikuti oleh seluruh Pejabat Struktural Eselon IV dan V, JFT, JFU dan seluruh anggota regu pengamanan Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang.

Kegiatan dibuka dengan sambutan yang diberikan oleh Bpk. Mulya Nopriansyah selaku Kasubbag Tata Usaha. Dalam kesempatan ini beliau mengucapkan terima kasih kepada Tim Divyankum dari Kanwil Kemenkumham Babel yang telah bersedia memberikan kegiatan penyuluhan hukum dalam rangka deteksi dini dari kemungkinan adanya penggunaan dan peredaran Narkoba khususnya bagi Pegawai Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang.

“Semoga kita dapat menggunakan kesempatan ini dengan sebaik mungkin, agar bisa bermanfaat dan dapat diamalkan dalam pelaksanaan tugas kita sehari-harinya sebagai abdi negara sebagaimana yang telah diamanatkan dalam undang-undang”, ujarnya.

Bpk. Eko Saputro selaku Kepala Bidang Hukum pada Divisi Pelayanan Hukum, Kanwil Kemenkumham Babel juga menyampaikan kata sambutannya dalam kesempatan ini. Beliau berharap, melalui kegiatan ini para petugas Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman secara personal serta keseluruhan tentang pentingnya deteksi dini dan bahaya dari penggunaan dan peredaran narkoba di jajaran Pemasyarakatan.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi yang diberikan oleh Bpk. Ferry Yulianto selaku Penyuluh Hukum Ahli Madya dan Bpk. Sofian selaku Penyuluh Hukum Muda dengan materi Tindakan Preventif Penggunaan dan Penyelundupan Narkoba di Lembaga Pemasyarakatan.

“Narkoba sungguh merupakan ancaman yang sangat mencemaskan kita selaku pegawai, keluarga maupun masyarakat. Tindakan preventif merupakan suatu tindakan pencegahan, yang dilakukan sebelum timbulnya suatu masalah. Sejatinya tindakan tersebut harus disusun dan dilaksanakan secara sistematis, terencana dan terarah agar akar permasalahan penggunaan, penyalahgunaan dan peredaran narkoba tidak terjadi”, ujar Bpk. Ferry.

Selain itu, Bpk. Sofian juga menyampaikan bahwa pencegahan penyalahgunaan dan peredaran narkoba tidaklah hanya menjadi tugas dari sekompok orang saja, melainkan menjadi tugas bersama. “Kita sebagai Petugas Pemasyarakatan juga sejatinya adalah salah satu bagian dari garda terdepan yang dapat melakukan tindakan preventif atau pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba bagi Warga Binaan”, ungkapnya @ Zen Adebi.
(Sumber Humas Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang).