Advokatnews,  Tulang Bawang–Desa merupakan wilayah penduduk yang mayoritas masyarakatnya masih memegang teguh adat-istiadat setempat, sifat sosialnya masih tinggi dan hubungan antar masyarakat cukup erat. Menurut UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Selasa (27/10/2020).

Pemerintah Pusat telah menggelontorkan Dana Desa, melalui Kabupaten Tulang Bawang, dana desa tersebut langsung dikucurkan ke Kampung Bumi Ratu, Kecamatan Rawa Jitu Selatan.

Mujiono Kepala Kampung Bumi Ratu, Dana Desa yang dikolelanya sudah sesuai aturan dan apa yang ditetapkan oleh pemerintah pusat sudah dijalankan dengan amanah.

Desa merupakan wilayah penduduk yang mayoritas masyarakatnya masih memegang teguh adat-istiadat setempat, sifat sosialnya masih tinggi dan hubungan antar masyarakat cukup erat. Menurut UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Pemerintah terus berupaya untuk memprioritaskan pembangunan desa agar tidak tertinggal dan mendorong masyarakatnya menjadi lebih aktif.

Penyaluran dana menjadi hal terpenting untuk pembangunan desa yang lebih maju. Dengan berlakunya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa bahwa adanya kucuran dana milyaran rupiah langsung ke desa yang bersumber dari alokasi dana Desa yang merupakan bagian dari dana perimbangan yang diterima Kabupaten/Kota.

Didalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 tentang Dana Desa yang bersumber dari APBN, Pasal 1, ayat 2 Dana Desa adalah Dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diperuntukkan bagi Desa yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten/Kota.

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, memprioritaskan pemanfaatan dana desa untuk proyek seperti pembangunan Pendidikan Anak Usia Dini dan Posyandu. Prioritas lainnya adalah pembangunan infrastruktur, misalnya irigasi pertanian, jalan, usaha tani, saluran air, dan jembatan yang dibangun swakelola dan padat karya, ujarnya.

Dengan adanya program dana desa ini oleh pemerintah pusat, alhamdulilah Kampung Bumi Ratu yang dipimpin oleh Seorang yang tampan dan ramah terhadap siapapun, menjadi kampung yang lebih baik dan indah berkat kerja keras tanpa kenal lelah untuk kemajuan Kampung Bumi Ratu, Kecamatan Rawa Jitu Selatan Kabupten Tulang Bawang, Mujiono yang selalu dibanggakan masyarakatnya.

Ditambah dengan 25 Program unggulan Kabupaten Tulang Bawang kampung Bumi Ratu dengan gencar-gencarnya membangun kampung yang lebih baik dan maju.

Pada Tahun 2018 , dengan melalui anggaran dana desa berdasarkan hasil Musrenbang, maka kampung Bumi Ratu membangun infrastruksi jalan, penimbunan jalan produktif, pengerasan jalan atau satbes dan masih banyak bangunan-bangunan yang lainnya salah satunya pembangunan WI-FI, pembangunan sarana prasana karang taruna, lapangan Futsal, lapangan bola Voli dan masih banyak yang lain.

Pada Tahun 2019, melalui anggarana dana desa berdasarkan hasil Musrenbang dan atas ijin Bupati Tulang Bawang maka kampung Bumi Ratu telah membangun satu unit balai kampung yang sangat megah, tentunya ini adalah wujud kepedulian pemerintah kepada masyarakat agar kiranya kdipedasaan kampung bumi ratu ini akan menjadi kampung yang lebih baik dan maju.

Pada tahun 2019 Kampung Bumi Ratu juga membangun dua tugu icon, dibangun ditapal batas kampung, agar Bumi Ratu menjadi kampung yang lebih berwarna.

Harus kita sampaikan juga pada tahun 2020 walaupun ditengah-tengah covid 19, saya pribadi selaku kepala kampung masih bisa membangun melalui anggaran dana desa satu unit jembatan kapasitas roda empat (mobil) tentunya ini adalah bukti kepedulian pemerintah kepada masyarakat untuk membantu sepenuhnya kepada masyarakat agar kiranya bisa memiliki ekonomi yang lebih bagus kedepannya.

Terkait dana desa adanya virus corona masyarakat yang terdampak covid-19 melalui himbau pemerintah pusat dan maupun pemerintah daerah kampung Bumi Ratu melalui dana desa telah menyalurkan BLT-DD untuk membantu kepada masyarakat yang terdampak covid-19 dan ada juga bantuan pemerintah melalui Kemensos.

Dengan ini Saya Mujiono Kepala Kampung mewakili masyarakat Bumi Ratu mengucapkan ribuan terima kasih karena dengan adanya dana desa atau pemerintah atas kepedulian masyarakat kecil khususnya dikampung Bumi Ratu Kabupaten Tulang Bawang, masyarakat Bumi Ratu akan lebih baik kedepannya.

Lanjut Hj. Metty Herawati.S.H, Kampung Bumi Ratu suatu kampung yang mana “Mujiono” benar-benar menjaga nama baik selaku orang nomor 1 dikampung tersebut.

Menghimbu Kepada semua kepala desa, kepala kampung, Tiyuh, peratin, yang ada diseluruh indonesia sangat berharap jalankan sesuai tupoksinya sebagai pejabat daerah jangan menyalahi aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah Pusat.

Siap atau tidak siap perangkat desa harus mau untuk mengelola anggaran desa dengan transparan dan akuntabel. Pemerintahan desa yang transparan dan akuntabel berkewajiban mempelajari sistem pembayaran, sistem akuntansi, dan pelaporan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai bentuk akuntabilitas kepada publik.

Segenap Pemerintahan Kampung Bumi Ratu, kecamatan Rawa Jitu Selatan Kabupaten Tulang Bawang, Saya Mujiono selaku Kepala Kampung dan semua Perangkat Kampung, Babinsa dan Babinkamtibmas, yang telah membantu membangun kampung kita ini menjadi lebih baik, maju dan lebih berwarna dan saya mengucapkan ribuan terimkasih kepada Pemerintah Pusat Presiden RI Bapak Jokowi, Gubernur Provinsi Lampung dan Bupati Tulang Bawang, yang telah membantu penuh dan kepedulianya terhadap Bumi Ratu, kedepannya insya Allah saya akan menjaga harkat martabat dan amanah untuk Bumi Ratu Ini.(Asep/Red)