Advokatnews|Bener Meriah-Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi membuka November Kopi Gayo 2020 di panggung taman budaya Gayo Arboretum, Kampung Bale Atau, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah, Rabu (11-11-2020)

November Kopi Gayo 2020 merupakan acara seni dalam rangka menyambut panen raya kopi Gayo di Kabupaten Bener Meriah.Kadis Pariwisata Bener Meriah Irmansyah SSTP, MSP dalam laporannya menyampaikan, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk perayaan panen kopi dan mensyukuri atas nikmat yang diberikan ALLAH SWT. November Kopi Gayo 2020 merupakan perjuangan para petani yang berhasil memanen kopi dimasa pandemi dan salah satu bentuk promosi kopi Gayo sebagai warisan leluhur kepada dunia dan bertujuan melestarikan tradisi yang ada di dataran tinggi Tanoh Gayo.

Selain itu kata Irmansyah, ajang tersebut juga sebagai salah satu untuk meningkatkan kunjungan wisata lokal dan manca negara berbasis agrowisata dan ekonomi kreatif.

“Acara November Kopi Gayo ini juga mendapat dukungan dari Gubernur Aceh Ir. H. Nova Iriansyah, MT, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anis Baswedan, Duta Besar RI Ukraina Yuddy Chrisnandi, DPR-RI Asal Aceh M. Nasir Djamil, Ilham Pangestu, para penyair seluruh Indonesia diantaranya dari Polres NTT, Banten, Deli Serdang, dan tentunya penyair Nasional asal Gayo seperti LK. Ara, Salman Gayo, Fikar W. Eda,”ucap Kadis Parawisata Bener Meriah itu.

Sementara itu Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi mengatakan, apresiasi kepada seluruh panitia yang telah menggelar kegiatan November Kopi Gayo 2020.Kata Bupati, Gayo, Kopi, dan Budaya, adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisah, kita memang hidup dengan itu, Gayo hidup dengan kopi, Gayo hidup dengan budaya, itu yang kemudian menjadi satu kesatuan ruh sepertinya orang Gayo, ini yang harus dirawat dijaga dengan baik.

Pantauan di lapangan usai menyampaikan arahanya Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi membacakan puisi karya seniman Nasional asal Gayo Fikar. W. Eda dengan judul Bener Meriah.(charim)