Mendikbud Tetapkan Empat Pokok Kebijakan Pendidikan “Merdeka Belajar”

By Admin AdvokatNews.com 11 Des 2019, 15:37:39 WIBpendidikan

Mendikbud Tetapkan Empat Pokok Kebijakan Pendidikan “Merdeka Belajar”


Jakarta, Advokatnews - Menindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim, menetapkan empat program pokok kebijakan pendidikan “Merdeka Belajar”. Program tersebut meliputi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Nasional (UN), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi.

“Empat program pokok kebijakan pendidikan tersebut akan menjadi arah pembelajaran kedepan yang fokus pada arahan Bapak Presiden dan Wakil Presiden dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” demikian disampaikan Mendikbud pada peluncuran Empat Pokok Kebijakan Pendidikan “Merdeka Belajar”, di Jakarta, Rabu (11/12).

Arah kebijakan baru penyelenggaraan USBN, kata Mendikbud, pada tahun 2020 akan diterapkan dengan ujian yang diselenggarakan hanya oleh sekolah. Ujian tersebut dilakukan untuk menilai kompetensi siswa yang dapat dilakukan dalam bentuk tes tertulis atau bentuk penilaian lainnya yang lebih komprehensif, seperti portofolio dan penugasan (tugas kelompok, karya tulis, dan sebagainya). “Dengan itu, guru dan sekolah lebih merdeka dalam penilaian hasil belajar siswa. Anggaran USBN sendiri dapat dialihkan untuk mengembangkan kapasitas guru dan sekolah, guna meningkatkan kualitas pembelajaran,” terang Mendikbud.

Selanjutnya, mengenai ujian UN, tahun 2020 merupakan pelaksanaan UN untuk terakhir kalinya. “Penyelenggaraan UN tahun 2021, akan diubah menjadi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter, yang terdiri dari kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar mengg

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Apakah Berita yang Ada di Website AdvokatNews.com Mudah untuk Dipahami Pembaca?
  Iya, Mudah Dipahami
  Tidak Menjawab
  Tidak

Komentar Terakhir

  • rx online no prior prescription

    <a href="http://canadianhealthypharmacyrx.com/"> online pharmacies</a> ...

    View Article
  • xdpchl

    cheapest pharmacy cialis [url=http://smartmews.hospitalathome.it/index.php?option=c ...

    View Article
  • Andrewslums

    https://gncedstore.com In a Gazette discover revealed final Friday, Kenya Revenue ...

    View Article
  • Loan Cash

    [url=http://getaloan.us.org/]getaloan.us.org[/url] ...

    View Article
Hosting Unlimited Indonesia