Advokatnews, Padangsidimpuan | Sumut – Hujan deras selasa malam merendam ratusan rumah di Kota Padansidimpuan, Sumatera Utara. Selain merendam ratusan rumah, juga mengakibatkan sebuah rumah sekaligus warung di perbukitan Kelurahan Sitamiang Baru, Gang Air Bersih, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, longsor.

Beruntung pemilik rumah atas nama Pangeran Siregar (65) bersama keluargnya berhasil menyelamatkan diri, dalam waktu singkat, bangunan rumah dan seisi rumah ludes rata dengan tanah.

Diceritakan, malam itu dia dan keluarga sedang tertidur lelap karena hujan lebat, Rabu (23/9) sekira pukul 07.00wib, dia mendengar suara tanah  bergetar, spontan dibangunkan istrinya. “Macam gempa aku rasa, lalu aku lihat keluar langsung kembali membangunkan istri untuk keluar rumah,” Ungkap Pangeran

Dalam hitungan menit, rumah sekaligus warungnya yang berada di lereng perbukitan hancur berantakan tertimbun tanah. “Saya langsung panik, tidak sempat apa-apa lagi, hanya baju di badan kami yang tersisa karena menyelamatkan diri itu, takutnya terjadi longsor susulan,” Imbuhnya.

Lurah Sitamiang Baru, Solahuddin Siregar mengatakan longsornya tebing setinggi 10 meter serta satu rumah langsung rata dengan tanah “Disebabkan kondisi tanah yang tidak labil di tambah intensitas curah hujan yang cukup tinggi di kota Padangsidimpuan,” Jelasnya.

Kapolresta Padangsidimpuan AKBP Juliani Prihartini didampingi PJU Polres yang mendapat informasi pagi itu langsung terjun ke TKP. Sementara dilapangan sejumlah personel TNI, Polri dan BPBD Kota Padangsidimpuan melakukan pembersihan reruntuhan material yang menutupi badan jalan menuju Kota Padangsidimpuan.(Bw)