Advokatnews || Bekasi – Kunjungan Ibu Pangdam Jaya Ny Rachma Dudung Abdurachman/Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD Jaya ke Museum Gedung Juang 45 Tambun Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada Selasa, (25/05/2021).

Dalam kunjungannya, Ibu Pangdam Jaya Ny Rahma Dudung Abdulrahman yaitu untuk melihat lebih dekat tentang sejarah Kabupaten Bekasi khususnya yang tersimpan di Museum Gedung Juang 45 Tambun.

Dalam acara tersebut di hadiri oleh Letkol Kav. Tofan Tri Anggoro (Dandim 0509/Kab. Bekasi beserta Ibu), Reza Nur Alam (Kepala Bidang Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bekasi beserta Ibu), Junaefi M. STP.,M.M (Camat Tambun Selatan Beserta Ibu), Kolonel Inf. Primadi Saiful Sulun, S.Sos., Msi (Kasrem 051/Wkt), Kolonel Caj. Muh. Yusuf Nasution, S.Sos (Kasi Persrem 051/Wkt), Kolonel Arm. Yogo Widiatmoko, S.Sos, Mtr. Han (Kasi Ter Rem 051/Wkt), serta jajaran personil Koramil 01/Tambun Selatan.

Ibu Pangdam Jaya bersama Dandim 0509/Kabupaten Bekasi mendengarkan sedikit cerita sejarah pada masa atau peristiwa pemberontakan PKI yang terjadi di Bekasi yang dijelaskan singkat oleh Kepala Bidang Disbudpora Reza Nur Alam.

“Telah terjadi adanya upaya dominasi komunis diberbagai daerah dengan tokoh utama PKI Bekasi, Abbas Djunaedi dan Peristiwa G 30 S / PKI, serta upaya pemberantasan PKI oleh rakyat dan pemuda Bekasi,” ungkap Reza.

Dibentuknya Komando, kata dia, merupakan aksi tumpas (tokoh utamanya adalah Ki Agus Abdurachman (Pemuda Pancasila), Dadang Hasbullah (Pemuda Muhammadiyah), Abdurachman Mufti, Ateng Siroj, Muhtadi Muchtar (PH) dan Damanhuri Husein (Gerakan Pelajar Pancasila),” jelasnya.

“Serta tokoh-tokoh lain dari unsur Gerakan Pemuda Anshor, IPNU, IPPNU, IPM dan lain-lain), serta Kesatuan Aksi Pemuda dan Pelajar Indonesia (KAPPI) Bekasi yang diketuai oleh Ateng Siroj dan Damanhuri Husein sebagai sekretaris,” terangnya.

Dalam Kesempatan tersebut PLH Danramil 01/Tambun Kapten La Ode Mane mengatakan, bahwa di Museum Gedung Juang 45 ini yang menjadi sejarah Kemerdekaan Republik Indonesia saat ini menggunakan teknologi digital dan mulai dibuka untuk umum.

“Pesan saya kepada masyarakat mari kita jaga kebudayaan Kabupaten Bekasi, dan juga tetap menjaga dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.” tutupnya.

Kunjungan Ibu Pangdam Jaya Ny Rahma Dudung Abdulrahman ke Museum Gedung Juang 45 Tambun Bekasi tentunya mendapatkan kesan tersendiri baginya.

Ia pun juga turut bangga dengan adanya penerapan Visi dan Misi Kabupaten Bekasi yang diharapkan dapat menjadikan kabupaten Bekasi menjadi wilayah yang lebih baik dan maju serta tercipta manusia atau masyarakat yang sehat, cerdas dan juga berkualitas.
(*Je)