Advokatnews||Berita||Karawang – Dewan Pimpinan Cabang Partai Garda Perubahan Indonesia (DPC-GARUDA) Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, menerima kunjungan kerja dari Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), di Kantor Sekretariat DPC, Jalan Cikalongsari-Cilamaya Desa Mekarasih RT 002/002, Kecamatan Banyusari pada hari Senin tanggal 23 Mei 2022.

Nampak hadir wakil Ketua KPUD Karawang, Kasum Sanjaya dan Komisioner lainnya Ikmal Maulana, Ikhsan Indra Putra, Mulyana, beserta ASN Sekretariat KPUD Karawang Olina Theresia Santi, Ketua DPC Partai Garuda Bung Irwanto, Sekertaris DPC Werdiman Pebriando Sianturi, Bendahara TE Sulaeman, Wakil Sekertaris DPC Hj.Enok Atikah, Wakil Bendahara DPC Dedeh Rohani, Yudha Turnawan, Wakil Ketua Ii DPC, Ustad H.Hasanudin, Wakil Ketua I H.Bolenk, dan jajaran pengurus DPC Partai Garuda Kabupaten Karawang lainnya.

Usai kunjungan, Wakil Ketua KPUD Karawang, Kasum Sanjaya kepada awak media mengatakan, bahwa kunjungan tersebut dalam rangka silaturrahmi KPUD dengan Partai Politik (Parpol) khususnya di Kabupaten Karawang, dan rangkaian kegiatan kunjungan tersebut hanya ke Parpol selaku stakeholder yang ada di Kabupaten Karawang.

“KPU melakukan silaturahmi dengan seluruh Parpol di Kabupaten Karawang. Hari ketiga ini jadwal silaturahmi ke Partai Garuda. Agendanya tiap hari 2 Parpol, sesuai dengan nomor urut Partai.
Sosialisasi Surat Keputusan KPU nomor 21 tahun 2022, tentang penetapan hari, tanggal, bulan dan tahun pelaksanaan pemilu pada tahun 2024,” ujar wakil ketua yang akrab disapa Aceng, Senin (23/5/2022).

Ia juga mengatakan, rangkaian kegiatan yang dilakukan saat ini baru ke 6 Parpol. Dan kegiatan tersebut akan terus dilakukan ke semua Parpol sesuai nomor urut parpol itu sendiri.

“Tiap hari kita mobile (kunjungan),” kata Aceng.

Sementara, Ketua DPC Partai Garuda Kabupaten Karawang Bung Irwanto memyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kunjungan silaturrahmi dan sosialisasi dari KPUD Karawang ke DPC Partai Garuda. Dalam kunjungan tersebut kata Sule, pihak KPUD menyampaikan sosiaalisasi terkait Surat Keputusan KPU mengenai hari, tanggal, bulan dan tahun pelaksanaan Pemilu 2024.

“Ini berkaitan dengan Pemilu di 2024 nanti yang akan dilaksanakan tanggal 14 Pebruari 2024. Kemudian tahapan awalnya time line-nya dari tahun 2023 apa saja yang harus kami persiapkan, termasuk pemutakhiran data pemilih,” terangnya.

Tentunya, lanjut Irwan, hal ini membuatnya bisa persiapan sejak dini ketika memgetahui tahapan-tahapan apa saja kedepan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Kita siap bersinergi dan bersama-sama membantu KPU juga, sampai ke anak ranting untuk memperbaiki kualitas demokrasi,” tandasnya.

Sementara Sekretaris DPC Partai Garuda Karawang Werdiman Pebriando Sianturi, menambahkan dari pihak KPUD juga sudah menyampaikan bahwa nanti akan ada aplikasi data berbasis online di Google Play Store dengan nama ‘Lindungi Hakmu’.

“Jadi Setiap orang, dengan memasukan nomor NIK, bisa cek apakah masuk dalam DPT atau tidak, dan ketika tidak masuk bisa segera diperbaiki,” kata Ando.

Dari hasil kunjungan KPUD tersebut, lanjut Ando, pihaknya akan secara estapet ke PAC, Ranting dan anak ranting melakukan sosialisasi hal tersebut.

Imbuh Ando, untuk dilakukan perbaikan-perbaikan permasalahan di Pemilu sebelumnya, supaya lebih baik di 2024. Tentunya, masukan dari semua Parpol dan pengambil keputusan dikembalikan lagi ke KPUD Kabupaten Karawang.

Sekertaris DPC Partai Garuda Kabupaten Karawang juga berharap, perbaikan data hak pilih menjadi prioritas dalam perbaikan kinerja penyelenggaraan Pemilu yang lebih baik dan demokrasi yang berkualitas. Jangan sampai, imbuh dia, ada hak pilih tidak bisa menggunakan haknya selaku warga negara.

“Kita berharap juga, Dinas Catpil, untuk memperbaiki bagaimana organ atau operator Dinas Capil, tingkat kecamatan komunikasi dengan desa atau kelurahan sampai ke tingkat RW untuk perbaikan data base, terutama nomor NIK yang ganda dan belum online, ini harus segera diperbaiki. Jangan sampai karena NIK belum online, mereka tidak bisa memberikan haknya. Kita butuh komitmen semua pihak agar kualitas demokrasi ini semakin baik di 2024,” pungkas Sekretaris DPC Partai Garuda Karawang.(Cell/Tly)