Advokatnews | Karawang – KH. Nasehudin pimpinan pengasuh lembaga pendidikan Pondok pesantren AL IKHLAS beralamat dijalan proklamasi no 110 Rt 05 Rw 02 Kelurahan Tanjung Mekar Karawang Barat, cetak anak didik dipondok pesantrennya menjadi salah satu pendidikan dasar keagamaan yang akan melahirkan anak-anak saleh, senin (4/1/2021).

Ditegaskan Oleh KH. Nasehudin, “seharusnya pemerintah pusat ataupun daerah memperhatikan yang lebih serius terhadap lembaga pesantren, Misalnya memberikan bantuan rutin untuk melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan guna menopang kelancaran pendidikan pondok pesantren”, ucap KH Nasehudin.

KH. Nasehudin juga mengatakan, “selain memberikan perhatian dalam penyediaan sarana dan prasarana, pemerintah semestinya juga memberikan perhatian terhadap kesejahteraan para guru pengajar pondok pesantren,
meskipun pendidikan pondok pesantren merupakan sekolah non-formal, tetapi keberadaannya sangat berarti dalam pendidikan agama anak-anak yang nantinya akan menjadi penerus bangsa”.

“Pendidikan Pesantren ini sangat penting dalam pendidikan moral dan mencetak generasi muda yang lebih berkualitas, sehingga sudah seharusnya pemerintah memberikan perhatian serius kepada lembaga pedidikan pondok pesantren”, tegasnya.

Pentingnya Pondok Pesantren dalam pendidikan agama menurut KH. Nasehudin mengatakan, peran lembaga pendidikan nonformal PonPes sangat strategis dalam pendidikan agama, karena itu sudah seharusnya apabila perjuangan dan kegigihan para pengelola dan pendidik lembaga tersebut diberikan penghargaan.

“Mereka perlu diapresiasi dan diberi penghargaan, karena telah berjasa dalam hal mendidik dan mengajarkan ilmu keagamaan kepada anak- anak,

perhatian pemerintah terhadap lembaga pendidikan pondok pesantren belum banyak berubah, namun hal itu tidak menghalangi aktivitas pembelajaran di pondok pesantren.

Dengan nada menggema penuh Wibawa KH. Nasehudin juga mengatakan, “belum lama ini Pondok Pesantren AL IKHLAS mendapat bantuan dana dari pemerintah pusat Kementerian Agama (KEMENAG) maka dari itu dengan adanya bantuan dana BOP 2020 dari pemerintah, Alhamdulillah dana bantuan tersebut sudah terserap dengan baik, dan dimanfaatkan oleh Lembaga pengurus Ponpes sesuai aturan Juklak/Juknis”.

“Atas bantuan dana ini, maka Kami dan pengurus Ponpes mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat KEMENAG dan pemerintah daerah DEPAG, selain itu harapan Kami mudah-mudahan kedepannya pemerintah lebih memperhatikan lembaga pendidikan pondok pesantren yang sampai saat ini serba kekurangan anggaran, misal kelengkapan fasilitas serta minimnya upah pengajar guru Agama”, Pungkasnya. (ur TLY)