Advokatnews|Bener Meriah, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Republik Indonesia yang ditunjuk menjadi leading sector dalam program lumbung pangan Indonesia, melakukan pendataan lahan yang akan dimanfaatkan untuk Program Badan Cadangan Logistik Strategis ( BCLS ) di wilayah Indonesia termasuk Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh.

Hal itu dibuktikan dengan kunjungan dari Tim Kemenhan Ri yang di ketuai oleh Kolonel Laut Yayan Sugiana kekabupaten Bener Meriah dan disambut langsung oleg Bupati Tgk. H. Sarkawi yang didampingi oleh Dandim 0119/BM Letkol Inf. Valyan Tatiyunis, Asisten I Drs, Mukhlis, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Irmansyah, S,STP, M.SP,Kepala Dinas Pertanahan Mahfudah SH, M.H, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Ir. Nurisman di Pendopo Bupati, Senin, (07/09/2020).

Bupati Tgk. H. sarkawi dalam pertemuan tersebut mengatakan, kami mengucapkan terimakasih dan sangat menyambut baik atas kedatangan Tim dari Kemenhan RI terutama kepada Kolonel Laut Yayan Sugiana selaku Ketua Tim, selamat datang di Bener Meriah yang membawa kabar gembira dan tentunya kami dari pemerintah menyambut baik tentang pelaksanaan program BCLS di Bener Meriah, dan kami mendukung penuh program ketahanan pangan nasional BCLS ini, ungkap Bupati.

Terkait dengan lahan tambah Bupati Tgk. H. Sarkawi, tentu pemda Kabupaten Bener Meriah akan menyiapkan, namun untuk penyiapan lahan yang akan digunakan, kata Bupati mengatakan akan mendatanya terlebiuh dahulu, kepada Kadis Pertanahan, Kadis Pertanian dan Pengan dan instansi terkait lainnya untuk menindaklanjuti Program BCLS ini, daan mari kita dukung penuh, harap Bupati.

“Kabupaten Bener Meriah siap mendukung dan siap berkotribusi demi suksesnya Program BCLS yang merupakan Program Nasional,” tegas Tgk. H. Sarkawi.Sebelumnya Kolonel Laut Yayan Sugiana kepada Bupati Tgk. H. Sarkawi menerangkan, dimana Program BCLS ini sangat berfungsi untuk mendukung Ketahanan Pengan Negara dalam menghadapi kondisi tertentu, baik karena bencana alam maupun non alam dalam hal ketersediaan cadangan logistik strategis, ungkap Kol. Laut Yayan Sugiana.

Lebih lanjut Ketua Tim dari Kemenhan RI itu juga menjelaskan, adapun yang mencakup cadangan logistik strategis teridiri dari Cadangan Pangan Strategis karbohidrat dan protein, cadangan farmasi dan alat kesehatan dan obat-obatan serta cadangan energi strategis bahan bakar minyak terbarukan, ungkapnya.

“Melihat potensi yang ada di Kabupaten Bener Meriah, sepertinya tidak ada kendala untuk menjadikan kabupaten ini sebagai salah satu kabupaten/kota di Aceh ditetapkan untuk melaksanakan program BCLS dari Kementerian Pertahanan RI,” sebutnya.

Terakhir Kolonel Laut Yayan Sugiana mengungkapkan, Kabupaten Bener Meriah sangat cocok untuk melaksanakan program BCLS, hasil pertemuan kami dengan Pemerintah Kabupaten Bener Meriah ini akan segera kami sampaikan pada pimpinan di Jakarta”, imbuh Yayan.

“Apabila data yang kami kumpulkan sesuai dan terpenuhi, maka dalam waktu dekat ini, kami akan menurunkan tim untuk menindaklanjutinya,” tutupnya. (Anisyah).