Advokatnews | Tulang Bawang – Bupati Tulangbawang Hj.Winarti nantinya akan menjadi salah satu pejabat pertama yang akan menerima Vaksin Covid-19 dari 20 pejabat se-provinsi Lampung yang mewakili Kabupaten Tulangbawang.

Seperti diketahui, tepatnya Pada tanggal 8 Januari 2020 Komisi fatwa MUI (Majelis Ulama Indonesia) pusat telah menetapkan bahwa Vaksin Covid-19 produksi sinovac yang diajukan untuk proses sertifikasi oleh PT. Bio Farma dinyatakan Suci dan Halal, hal ini pun terlihat dari pengumuman yang dibagikan oleh dinas kesehatan provinsi Lampung melalui jejaring sosial.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulangbawang Fatoni, mengatakan, Vaksin hingga saat ini masih berada di Dinas Kesehatan Provinsi, yang mana vaksin tersebut belum bisa di edarkan sampai keluarnya EUA (Emergency Use Authorization) dari BPOM (Badan Pengawasan Obat Obatan).

“Bila EUA dari BPOM sudah keluar tentunya akan segera didistribusikan, selain itu dinas kesehatan Kabupaten Tulangbawang juga telah menyiapkan 705 orang vaksinator yang tersebar di 18 Puskesmas di 15 kecamatan yang ada di Tuba ditambah Kemudian juga RSUD Menggala sudah menyiapkan 5 vaksinator,” ungkap Fatoni saat dikonfirmasi disela kegiatan penyerahan SK CPNS Tuba, Pada Hari Kamis 7 januari 2021 Yang Lalu. Kamis, (14-01-2021).

Lanjut Fatoni, Untuk tenaga kesehatan per individu akan mendaftar sendiri ke aplikasi Peduli Lindungi.com yang pada saat pendaftaran akan menggunakan NIK(Nomor Induk Kependudukan).

“Untuk jumlah vaksin yang akan masuk ke Kabupaten Tulangbawang hingga saat ini belum bisa dipastikan berapa jumlahnya, karena kami masih akan mengikuti rakor bersama dengan kepala Dinkes Provinsi Reihana via zoom. Tapi untuk tenaga kesehatan yang terdaftar dikemenkes di Tuba sebanyak 1966 orang dan jumlah ini bisa saja bertambah mengingat bukan hanya tenaga medis yang bekerja di puskes serta RSUD tetapi yang bekerja dilingkup tersebut seperti petugas kebersihan dll akan terdaftar,” tutur Fatoni.

Ia juga menegaskan, Kabupaten Tulangbawang sudah siap untuk melakukan Vaksinasi dan Bupati Tulangbawang Winarti akan menjadi orang Tulangbawang pertama yang akan di suntikan vaksin secara live melalui virtual/teleconference di 15 Kecamatan.

Bupati Winarti berpesan kepada saya selaku juru bicara tim gugus tugas covid-19 kepada seluruh masyarakat Tulangbawang untuk tidak perlu khawatir akan Vaksinasi, ikuti petunjuk pemerintah karena bila pemerintah sudah menyatakan aman yakinlah vaksin tersebut aman. Vaksin ini sudah di uji klinis sampai 3 kali hanya tinggal menunggu izin dari BPOM keluar, Ujar Fatoni.(Budi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here