Advokatnews | Bekasi – Peparda adalah Pekan Paralimpic Daerah, sebuah ajang kompetisi di bidang olahraga yang dikhususkan untuk para penyandang disabilitas atau penyandang cacat.

Saat ini, kabupaten Bekasi resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) VI Provinsi Jawa Barat tahun 2022.

Kepastian tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat, Asep Sukmana, usai bertemu Plt Bupati Bekasi, Akhmad Marjuki, bersama Sekda Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi dan Plt Kadisbudpora Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln di ruang rapat Bupati Bekasi, Komplek Pemkab, Cikarang Pusat, pada Selasa, (19/04/2022).

“Kami kesini menyampaikan amanat Pak Gubernur untuk menyampaikan SK tuan rumah Peparda tahun 2022, ini juga sudah merupakan proses yang panjang, dan minggu ini baru ditandatangani Pak Gubernur,” kata Asep Sukmana usai audiensi di ruang rapat Bupati Bekasi.

Dia melanjutkan dengan diserahkannya SK penunjukan dari Gubernur Jabar, maka Kabupaten Bekasi diminta untuk segera menyiapkan pelaksanaan Peparda VI Jabar yang dijadwalkan digelar pada Bulan Desember 2022 mendatang.

Senada dengan itu, Plt. Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln, mengatakan Kabupaten Bekasi sudah siap menjadi tuan rumah Peparda VI Jabar tahun 2022.

“Secara infrastruktur kan memang kita paling siap. Venue-venue untuk pertandingan sudah tersedia,” ungkapnya.

Menurut Henri, dalam pembahasan pelaksanaannya, Pemkab Bekasi sudah menyiapkan anggaran yang diperlukan untuk gelaran Peparda VI Jawa Barat.

“Dalam SK sudah jelas disebutkan, ada tiga sumber dana, pertama dari Kabupaten Bekasi, lalu provinsi Jawa Barat, dan sumber lainnya yang sesuai dengan ketentuan dalam SK,” terangnya.

Selain itu, dirinya optimistis dengan kesiapan peserta tuan rumah dari Kabupaten Bekasi yang akan bertanding di Peparda nanti.

“Atlet kita sendiri sekarang sebagai penyumbang medali terbanyak kontingen Jabar, jadi kita sudah sangat siap,” pungkasnya.

Adapun Peparda VI Jabar 2022 di Kabupaten Bekasi akan mempertandingkan 12 cabang olahraga, yakni, atletik, renang, panahan, angkat berat, tenis kursi roda, judo, bulu tangkis, tenis meja, voli duduk, menembak, catur dan goalball. (Red)