Advokatnews,

Jakarta – Massa aksi kawal MK mulai berkumpul di patung kuda Arjuna Wiwaha, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta. Massa menyebar sampai mendekati kawat berduri di depan gedung Kementerian Pertahanan (Kemhan).

Pantauan awak media di lokasi, Kamis (27/6/2019), beberapa massa berada di sekitar kawat berduri. Massa tak bisa menembus kawat berduri dan beton MCB yang dipasang membentang jalan Medan Merdeka Barat.

Mereka malah memanfaatkan posisi itu sebagai latar foto. “Di situ foto lebih bagus tuh,” ucap salah seorang demonstran kepada temannya.

Di lokasi, tak hanya didatangi oleh massa. Pedagang kopi keliling, penjual tikar, dan makanan pun menjajakan dagangannya.

Selain itu, massa aksi kawal MK di Patung Kuda datang dari berbagai daerah. Salah satunya menyebut mereka dari kelompok massa ‘Arek Suroboyo’.

Massa ‘Arek Suroboyo itu tiba berombongan. Salah satu massa aksi asal Surabaya bernama Nikmah mengatakan dirinya beserta 150 orang lainnya berangkat dari Surabaya sejak kemarin (26/6). Mereka berangkat dengan menggunakan bis.

“Kita nggak ada koordinator, ini atas nama kedaulatan rakyat kita datang ke sini,” ujar Nikmah.

ampak mereka membawa sejumlah spanduk berukuran cukup besar bertuliskan ‘Kecurangan bagian dari demokrasi? Matamu Picek!!!’, “Arek Suroboyo Istiqomah Bela Islam Aksi Kedaulatan Rakyat’.

Selain itu mereka membawa poster “Ini Bukan Soal Siapa Presiden, Tapi Ini Soal Indonesia Ke Depan”.

Sepeti diketahui, siang ini MK akan menggelar sidang putusan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum. MK akan memutuskan gugatan hasil pilpres yang diajukan oleh kubu capres Prabiwo Subianto-Sandiaga Uno. (*/Int)