Advokatnews | Karawang – Bukti kecintaan kita kepada bangsa bisa di ekspresikan dengan berbagai cara. Hal itu pun yang dilakukan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat Brigade Utama Adpati Singaperbangsa (BUAS) Karawang, Jawa Barat.

Ormas BUAS melakukan serangkaian peringati HUT RI ke-76 di Monumen perjuangan ‘Gempol Ngadeupa’ yang berlokasi di Desa Cipurwasari Kecamatan Tegalwaru kabupaten Karawang.

“Kami melakukan pengecatan serta kebersihan di monumen, acara itu tidak lain selain menghormati jasa pahlawan di wilayah kecamatan Tegalwaru, juga menjaga serta merawat bukti perjuangan pejuang Indonesia mengusir penjajah di tahun 1948,” ucap Sekjend DPP BUAS Kabupaten Karawang, Didi Holidi kepada Advokatnews.com, (17/08).

Tidak terlewatkan dengan melakukan upacara bendera di Hari kemerdekaan RI yang di pimpin langsung oleh Sekjend DPP Ormas BUAS kang Didi Holidi.

Didi Holidi membeberkan bahwa kegiatan itu merupakan inisiatif dari Lembaga Swadaya Masyarakat Brigade Utama Adpati Singaperbangsa (BUAS) Karawang beserta Korcam Kecamatan Tegalwaru.

“Anggaran yang didapatkan pun hasil swadaya bersama yang ikut perduli akan monumen sejarah yang dimiliki oleh kecamatan Tegalwaru,” kata dia.

Ketua Korcam BUAS Kecamatan Tegalwaru Andry Permana mengatakan bahwa bangsa yang bijak adalah bangsa yang menghargai perjuangan para pejuang yang sudah berdarah-darah demi membela bangsa Indonesia.

“Keperdulian kita saat ini dengan merawat monumen yang kita miliki saja, sudah merupakan bentuk penghargaan kita kepada para pejuang,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, mengajak peran semua pihak agar ikut bersama-sama menjaga dan melestarikan salah satu bukti perjuangan sejarah perjalanan bangsa yang berada di lokasi di desa Cipurwasari kecamatan Tegalwaru kabupaten Karawang.

Mari kita lestarikan dan merawat Tugu Perjuangan Gempol Ngadeupa, yang mana Tugu tersebut belum tersentuh tangan yang peduli dengan jerih payah para pejuang bangsa Indonesia di era penjajahan. (Marcel)