Advokatnews | Purwakarta – Pengamanan Hari Raya Waisak 2566 Tahun 2022 di Kabupaten Purwakarta, sejumlah personil Polres Purwakarta melakukan pengecekan dan memeriksa dalam rangka pengamanan di Vihara Budhi Asih Purwakarta.

Kapolres Purwakarta, AKBP Suhardi Hery Haryanto melalui Kabag Ops, Kompol Suharto mengatakan, sebanyak 95 personel Polres Purwakarta diturunkan dalam pengamanan kegiatan Hari Raya Waisak di Vihara yang berlokasi di Jalan Sudirman dan juga di tempat wisata serta di titik-titik keramaian.

“Pengamanan ini dalam rangka memberikan rasa aman di hari besar keagamaan di Kabupaten Purwakarta. Kegiatan pengamanan ibadah Waisak dilaksanakan selama 2 hari. Mulai hari Minggu kemarin dan hari ini Senin tanggal 16 Mei 2022,” ucap Suharto, pada Senin, 16 Mei 2022.

Dirinya menyebut, pengamanan kegiatan ibadah Waisak ini adalah bentuk pelayanan Polres Purwakarta dan Polsek Jajaran dalam rangka menjaga kondusifitas kamtibmas di Kabupaten Purwakarta.

“Ini merupakan bentuk pelayanan kami kepada masyarakat, hal ini tentunya untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat saat beribadah baik di Masjid, Gereja dan Viahara,” ucap Suharto.

Menurutnya, penerapan Protokol kesehatan di vihara sangat baik, hampir seluruh aspek telah dipenuhi oleh pengurus vihara. Mulai dari mewajibkan menggunakan masker, sarana sanitasi, tempat cuci tangan telah memenuhi syarat.

“Selain pengamanan, fokus kami pengamanan personil Polres Purwakarta untuk menjamin ketaatan terhadap protokol kesehatan. Pantauan kami sebagian besar sudah sesuai. Sudah menjadi kewajiban kami untuk menghimbau terkait Prokes dan juga menjamin rasa aman bagi masyarakat yang sedang menjalankan ibadahnya,” tutur Suharto.

Sebelumnya, sambung dia, Polres Purwakarta dalam mengantisipasi libur panjang diakhir pekan, juga menggelar pengamanan dan patroli monitoring disejumlah tempat wisata di Kabupaten Purwakarta.

“Tujuan kegiatan kami ditempat wisata yaitu menciptakan kamseltibcarlantas dan kondusifitas kamtibmas. Dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan memberikan rasa aman serta nyaman bagi masyarakat yang melaksanakan kegiatan Peringatan Hari Raya Waisak 2566 Tahun 2022,” tungkas Kompol Suharto.

Purwakarta, Senin, 16 Mei 2022

Dede rosadi