Advokatnews | Bekasi – Sebagai upaya memperkenalkan dan melestarikan budaya Betawi khususnya di wilayah Kota Bekasi, Kecamatan Mustikajaya menggelar Festival Adu Bedug dan Dondang.

Dalam kegiatan ini akan menampilkan berbagai kesenian dan kebudayaan dari empat Kelurahan yang digelar di stadion H. Natrom Nursyamsu, Mustika Jaya pada Sabtu (21/5) dan Minggu (22/5).

Tokoh masyarakat dan juga Ketua Forum RW Kelurahan Cimuning, Bebeh Idong Sunardi mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari bentuk tradisi melestarikan budaya Betawi yang dikemas dalam bentuk kegiatan festival.

Festival tersebut tidak hanya mempersembahkan Adu Bedug dan Adu Dondang, melainkan akan menghadirkan banyak penampilan seni dan budaya lainnya.

“Saya sangat antusias dan bangga sebagai putra daerah Kota Bekasi dengan diadakannya kembali acara ini, dikarenakan sudah 2 tahun lamanya pemerintah Kecamatan tidak melaksanakan Festival Adu Bedug dan Dondang,” ungkapnya.

Selain dirinya, warga masyarakat Kecamatan Mustika Jaya khususnya Warga Kelurahan Cimuning juga sangat antusias dalam mengikuti acara tersebut.

“Untuk warga cimuning tetap semangat dan terus berkarya dan kreatif berikan yang terbaik untuk festival di tahun yang akan datang dan selalu jaga tali silaturahmi antar sesama,” harap babeh Idong yang juga menjabat sebagai Ketua DPC Partai Berkarya Kota Bekasi.

Tradisi Adu Bedug adalah tradisi mengarak bedug keliling kampung yang diadakan setelah hari raya Idul Fitri. Bagi warga Kota Bekasi hal ini merupakan hiburan setelah merayakan Idul Fitri

Festival Adu Bedug dan Dondang bukan pertama kali digelar melainkan tahun ini adalah event ke-15 kalinya digelar. (*Je)