Advokatnews | Bekasi – Mudahkan mobilitas warga dalam hal transportasi umum, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bekasi tengah mencanangkan pengoperasian bus angkutan Transwibawamukti.

Bus Transwibawamukti nantinya akan beroperasi di beberapa titik lokasi yang padat penumpang angkutan umum. Beberapa rute yang dilalui yaitu Cikarang-Cibarusah, yang mana rute itu dianggap salah satu rute terpadat yang memiliki banyak penumpang.

Kepala Seksi Angkutan Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, Agustian mengatakan bahwa program Transwibawamukti ini telah mendapatkan dukungan dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

“BPTJ sudah melakukan survey lapangan terkait rencana dioperasikannya Transwibawamukti,” kata Agustian pada pekan lalu kepada wartawan.

Agustian menyampaikan, dalam pengoperasian bus mini Transwibawamukti ini pihak BPTJ akan bekerjasama dengan pihak ketiga. Ia juga mengatakan bahwa hadirnya bus Transwibawamukti ini tidak akan bersinggungan dengan pemilik atau pengemudi angkutan kota yang sudah ada sebelumnya.

Hasil survey yang telah dilakukan sebelumnnya, dikatakan Agustian, masih menemukan kendala seperti ruas jalan yang rusak. Akan tetapi, jika harus menunggu ruas jalannya diperbaiki akan semakin lama program Transwibawamukti dapat beroperasi.

“Justru kami berharap dengan adanya program Transwibawamukti ini setidaknya membuat pemerintah daerah segera memperbaiki jalan yang rusak,” ujarnya.

Seperti yang diketahui, bus perkotaan seperti ini telah lebih dulu hadir di Kota Bekasi dengan nama Trans Patriot, di Kota Bogor dengan nama Trans Pakuan. Untuk sekali jalan bus tersebut bisa membawa penumpang duduk dan berdiri maksimal sebanyak 40 orang.

Dengan hadirnya bus Transwibawamukti diharapkan dapat disambut baik oleh masyarakat, karena fasilitasnya yang cukup nyaman dan aman bagi para penumpangnya. (*Je)