Advokatnews|Aceh Tengah-Covid-19 datang membawa bermacam-macam dampak, tidak hanya berdampak kesehatan, pendidikan dan ekonomi, sehingga Pemerintah Desa Atu Gajah Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah memberikan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT- DD), selasa (20/10/2020).

Suhada selaku Kepala Desa Atu Gajah kecamatan Bebesen menyatakan, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes pdtt) nomor 6 tahun 2020 tentang perubahan Peraturan Menteri Desa nomor 11 tahun 2019 bertujuan membantu masyarakat miskin yang rentan secara ekonomi dan sosial untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Pencairan bantuan langsung tunai dari Dana Desa, Kampung Atu Gajah menyalurkan tahap 1-6  berdasarkan peraturan Menteri Keuangan nomor 50/pmk. 07/2020 atas perubahan 205/pmk. 07/2019 1800.000 perkeluarga penerima manfaat ( KPM)  mendapat bantuan sebesar 2.700.000.  Saat ini Desa Atu Gajah menyalurkan tahap 1 untuk bulan 4, beberapa hari kemudian kami akan menyalurkan untuk bulan selanjutnya sembari mempersiapkan surat permintaan pembayaran (SPP) dan Administrasi lainnya”, Kata Kepala Desa Suhada.

Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa (TAPMD) selaku Koordinator Pendamping Desa Kabupaten Aceh Tengah Iwan Sentosa, SP menyatakan, Alhamdulillah Desa Atu Gajah dapat menyalurkan BLT DD meskipun banyak kendala internal sebelumnya, sampai saat ini bisa diselesaikan dengan musyawarah. Dan perlu kita fahami Pada bulan perubahan ketiga atas Permendes no 11 Tahun 2019 yaitu Permendes no 14 Tahun 2020 menyangkut BLT-DD tahap ke 3 supaya dilaksanakan oleh desa pada bulan Oktober, November dan Desember ini sebesar 300 ribu per kepala keluarga perbulannya.Pelaksanaan BLT-DD periode 3 ini dapat dilaksanakan dengan syarat masih tersedianya Dana Desa Tahun Anggaran 2020

Pemerintah Kecamatan Bebesen Arisa Putra menambahkan, Desa Atu Gajah ada 65 Kepala keluarga penerima manfaat dari BLT Dana Desa.

Semoga masyarakat penerima manfaat dapat memenuhi kebutuhan dasar dan jangan membelanjakan kebutuhan yang tidak dibutuhkan”, tegas Arisa Putra.

Dalam pelaksanaan penyaluran BLT Dana Desa Kampung tersebut turut dihadiri, Kapolsek Kecamatan Bebesen Suhadi, Koramil Kecamatan Bebesen Siddik, Babinsa, Babinkatibmas, Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa (TA PED) Ghazali Lingga, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, RGM dan Tokoh Masyarakat setempat.(Pahmisyah Pitra).