Advokatnews|Bener Meriah-Wakil Bupati Bener Meriah Dailami melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Pintu Rime Gayo dalam rangka pertemuan dengan BKSDA Aceh, CRU DAS Peusangan, Perwakilan Tim 8 serta aparat kampung Negeri Antara terkait dengan permasalahan gajah liar di daerah setempat, Minggu, (14/3/2021).Wakil Bupati Dailami dan rombongan sebelum mengadakan pertemuan dengan pihak terkait terlebih dahulu melakukan penggiringan gajah liar yang memasuki pemukiman warga di Kampung Negeri Antara Kecamatan Pintu Rime Gayo agar keluar dari pemukiman warga.

Setelah terjun langsung bersama tim, Wakil Bupati dalam kunjungan kerjanya ke Kecamatan Pintu Rime Gayo selanjutnya langsung mengadakan pertemuan dengan Balai Conservasi Suber Daya Alam (BKSDA) Prov. Aceh, CRU DAS Peusangan, Reje Kampung Kampung Negeri Antara Riskanadi dan Perwakilan Tim 8 Prov. Aceh di Pos Conservasen Respon Unit (CRU) Provinsi Aceh, Kampung Sayeng Kecamatan Punte Rime Gayo Kabupaten Bener Meriah.

“Pertama sekali kita mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada BKSDA Aceh, CRU DAS Peusangan, Tim 8, TNI/Polri, Aparatur Kampung serta relawan lainnya yang telah bekerja siang dan malam tanpa mengenal lelah dalam menangani konflik gajah liar ini,” demikian disampaikan oleh Wakil Bupati Dailami kepada Tim Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Bener Meriah seusai pertemuan yang membahas tentang solusi masuknya gajah liar ke pemukiman dan perekebunan Masyarakat setempat.

“Untuk menangani konflik ini kita tau tidak semudah yang kita bayangkan karena terkadang kita juga mendapat kendala, tapi sejauh ini semua itu Alhamdulillah bisa kita kendalikan,” kata Dailami.

Lebih lanjut Wakil Bupati Dailami juga menjelaskan, Tim sampai saat ini masih terus bekerja untuk menggiring gajah liar tersebut dengan gajah jinak yang didatangkan oleh BKSDA Aceh agar keluarh dari perkampungan warga.

“Tim kita sampai sekarang masih melakukan penggiringan kawanan gajah liar dari lokasi keberadaannya yang sangat berdekatan dengan pemukiman warga, dalam penggiringan ini dilakukan penjagaan di beberapa titik tempat lintasan, agar kawanan gajah liar tidak masuk kembali ke daerah pemukiman, sampai sekrang ini tim masih terus berada di lokasi untuk melakukan penggiringan agar mejauh dari perkampung dan kebun warga,” kata Wakil Bupati Dailami.“Mari sama-sama kita berdo’a agar konflik gajah liar dengan manusia di Kecamatan Pintu Rime Gayo ini secepatnya bisa berakhir, agar masyarakat kita bisa kembali berusaha dengan nyaman tanpa dihantui oleh rasa takut dengan munculnya kawanan gajah liar ini,” harap Dailami.

Disisi lain Wakil Bupati Bener Meriah Dailami seusai melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Pintu Rime Gayo juga menerima rombongan dan melaksanakan pertemuan dengan Kelompok Tani wilayah Kabupaten Bener Meriah di Pendopo Wakil Bupati Kampung Tingkem Kecamatan Bukit yang membahas tentang pertanian di Bener Meriah. (charim).