Advokatnews || Karawang – Camat Kecamatan Tegalwaru beserta Polsek Tegalwaru didampingi DLHK Kabupaten Karawang Bidang PPLH (Wasdal) sidak lokasi yang diduga jadi pembuangan limbah B3 di kampung menteng RT 010/ RW 004 Desa Cigunungsar, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang.(28/01/2022).

“Inshaallah kami akan panggil pihak-pihak terkait yang diduga sudah melakukan pencemaran lingkungan di desa Cigunungsari, diantaranya pemilik lahan terus pihak ketiganya yang sudah menyalurkan bahan pencemarnya,” ungkap Kabid PPLH (Wasdal) DLHK Kabupaten Karawang, Hetti kurniawanti, (28/1).

Selanjutnya, Hatti akan mengundang Camat dari dua Kecamatan yaitu Camat Tegalwaru dan Camat Pangkalan juga dua Desa yaitu Desa Cigunungsari dan Desa Tamansari.

“Karena diduga menjadi penyalurnya ada di Desa Tamansari, dan nanti kita lihat perkembangannya setelah BAP atau verifikasi dan kami juga berencana akan memberikan PPLH lain untuk lokasi yang tercemar,” kata dia.

Ia baru menduga secara fisiknya dari penglihatan dan penciuman, seperti oli yang sudah dibakar.

“Nanti kita lihat hasil setelah pemeriksaan barulah lengkap, dan harus dilakukan pemulihan oleh diduga oknum yang sudah melakukan pembuangan limbah tersebut, dan kalau nanti pada saat BAP kita temukan ada salah satu perusahaan kalau limbah ini bersumber dari sana, kemungkinan kami akan berikan sanksi administratif untuk perusahaan tersebut,” tegas Hetti.

Sementara Camat Tegalwaru, Mahpudin saat dimintai tanggapannya mengatakan bahwa Kecamatan Tegalwaru merupakan tempat tujuan wisata. Jadi, Ia berharap agar tidak ada lagi oknum yang berani melakukan pencemaran terhadap lingkungan.

“Terimakasih kepada rekan-rekan dari DLHK dalam hal ini sudah tanggap kepada kita. Mohon kepada semuanya harus faham bahwa Tegalwaru adalah tempat tujuan wisata. Saya beserta Muspika sangat menegakan tidak ada yang seperti ini lagi terjadi di wilayah Tegalwaru,” ujar Mahpudin.

Dirinya berharap setelah adanya sidak ini akan menjadi efek jera terhadap siapapun yang berani coba-coba membuang limbah di wilayahnya, khususnya Kecamatan Tegalwaru terbebas dari usaha-usaha pencemaran lingkungan. (Cell)