Sukabumi, Advokatnews- Beberapa Instansi melakukan konsolidasi dan sosialisasi di beberapa titik yang di anggap harus dilakukan untuk memberikan pemahaman dan edukasi kepada warga cara-cara atau sistem untuk menanggulangi penyebaran penularan virus covid-19.

Salah satunya Kecamatan Parakan Salak yang melakukan giat sosialisasi di wilayah Desa Sukakersa. Selain para perangkat desa hadir beberapa Ketua RW yang sengaja diundang untuk menghadiri sosialisasi tersebut, Rabu (1/4/2020).

“Mengingat betapa penting nya penanggulangan ini kami sebagai kepala pemerintahan di kecamatan dan kepala puskesmas terus menerus berkeliling ke setiap desa agar masyarakat lebih mengerti cara cara efektip dalam melakukan dan menjalan kan langkah pencegahan ini,” ujar camat Parakan Salak H Royani dalam sambutannya.

Hal senada di sampaikan Kepala Puskesmas Kec Parakan Salak drg. Febbie Nawawi bahwa selain pencegahan kita sebagai warga harus menerapkan juga pola hidup bersih dan sehat,dan selalu mencuci tangan dengan sabun.

“Bagi warga yang baru pulang dari zona merah salah satu keluarganya wajib melaporkan kepada desa setempat atau petugas medis,” ujarnya.

Hal ini lanjut Febbie, agar petugas medis bisa langsung berinteraksi pada yang bersangkutan adakah gejala gejala yang di alaminya,jika memang hasil dialog via telpon menemukan gejala gajala yang di maksud makan petugas khusus langsung memberikan tindakan sesuai SOP nya.

“Makanya peran masyarakat harus saling membuka diri dan menerima segala masukan masukan yang penting agar wabah ini bisa kita lawan dengan cara kerjasama yang baik,” tandasnya.

Febbie juga mengingatkan pentingnya isolasi mandiri bagi siapa pun masyarakat yang memiliki gejalanya, segeralah hubungi Petugas kesehatan atau paling tidak Bidan Desa, agar tim medis bisa menganalisis terhadap yang bersangkutan.(***Aldi)