Advokatnews|Aceh Tengah-Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar menghadiri sekaligus memberi sambutan pada kegiatan Safari Pengabdian Pemuda yang digelar Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Aceh di Objek Wisata Pante Ketibung Kampung Kelitu Kecamatan Bintang Kabupaten Aceh Tengah, Minggu (20/12/2020).

Kegiatan yang mengusung ikon “SAPDA 2020” ini, diikuti 150-an peserta dari pengurus DPD KNPI Aceh dan DPD II KNPI Kabupaten/Kota se-Aceh, yang puncak
pelaksanaannya secara resmi dibuka oleh Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, MT.Hadir ditemani Istri, Bupati Shabela dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap DPD KNPI Aceh yang telah memilih Kabupaten Aceh Tengah sebagai tempat pelaksanaan kegiatan Safari Pengabdian Pemuda KNPI Aceh, yang diyakininya banyak memberikan kontribusi positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

Apalagi dalam Safari Pengabdian Pemuda 2020 ini difokuskan pada kegiatan sosial berupa pemberian santunan kepada anak yatim, penyaluran bantuan sarana olahraga bagi kelompok pemuda Desa serta kegiatan peduli lingkungan dengan melaksanakan kegiatan bersih-bersih di pinggiran Danau, pengadaan tempat sampah, pembersihan dan pengecatan rumah ibadah serta kegiatan penanaman pohon.

“Kami sampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada KNPI Aceh yang telah mendarmabaktikan diri dalam kegiatan sosial dan peduli lingkungan di Kabupaten Aceh Tengah” ujar Shabela.Shabela melanjutkan, KNPI sebagai organisasi kepemudaan yang aktif selama ini telah menunjukan kiprahnya dalam ikut membangun Daerah. Hal ini terlihat dari peran-peran yang terus dilakukan KNPI diberbagai sektor terutama dibidang sosial, kesehatan, kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Jadi, adalah wajar jika bakti KNPI selalu dielu-elukan dan dinanti masyarakat.

“Semua itu membuktikan, betapa KNPI telah mengakar kuat ditengah-tengah masyarakat dan mampu memberikan manfaat untuk orang lain” tegasnya.

Selain itu, orang nomor satu di Aceh Tengah ini juga menyampaikan bahwa, dewasa ini hampir semua bidang tidak luput dari partisipasi pemuda, mulai dari bidang pendidikan, kebudayaan, ekonomi, sosial dan budaya.

Oleh sebab itu, Bupati Shabela berharap melalui wadah KNPI dapat menjadi wahana pemuda dalam mengembangkan diri, membuka wawasan dan menambah pengetahuan untuk berperan sebagai motor penggerak tercapainya masyarakat yang adil, makmur, sejahtera dan berperadaban.

Sementara itu Gubernur Aceh Nova Iriansyah dalam arahannya menyampaikan bahwa gelaran kegiatan SAPDA 2020 ini sangat positif, karena disamping memberikan manfaat bagi pelestarian lingkungan dan membangun hubungan sosial juga memberikan dampak dalam mempersatukan dan mempererat tali silaturahmi antar pemuda.

Dikatakannya, persatuan pemuda adalah kekuatan yang fundamental dalam mengisi pembangunan. Untuk itu, Pemerintah Aceh sangat berkomitmen untuk terus membesarkan pemuda bahkan memberikan tempat bagi pemuda dalam kebijakan pembangunan.

“Saya yakin semua pemimpin pasti akan melibatkan pemuda dalam kebijakan pembangunannya. Dan saya pastikan di era kepemimpinan kami, kami akan menggandeng pemuda dalam mengisi pembangunan” ujar Nova.

Bahkan Nova menaruh harapan bilamana pemuda dapat mengambil porsi yang besar dalam pembangunan dan ingin memperlihatkan bahwa antara pemuda dan pemerintah daerah bisa bekerjasama.

“Pemuda adalah harapan besar bagi bumi dan kehidupan ini. Jangan lagi berpangku tangan, jadilah lokomotif pelopor. Tampil kedepan dan rebut kesempatan untuk memimpin negeri ini” ajak Nova.

Sebelumnya Ketua DPD KNPI Aceh, Wahyu Saputra berujar, kegiatan Safari Pengabdian Pemuda Aceh merupakan kegiatan rutin dalam satu periode kepengurusan KNPI yang ditujukan sebagai salah satu wujud kepedulian pemuda terhadap lingkungan, sosial dan masyarakat.Secara normal kegiatan safari ini dilakukan di rumah-rumah penduduk, namun karena kondisi pandemi pelaksanaan pengabdian pada periode ini dibuat di dalam tenda di alam terbuka dengan jumlah peserta yang dibatasi dari kalangan pengurus KNPI saja.

Kegiatan yang telah berlangsung sejak Jum’at, 18 Desember 2020 itu, direncanakan akan ditutup pada Senin sore 21 Desember 2020. (Anisyah)