Advokatnews|Aceh Selatan– Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran didampingi Bunda PAUD Aceh Selatan, Kailaida S. Pdi menghadiri Launching Program Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif di seluruh Kabupaten/Kota se-Aceh yang dilaksanakan secara virtual di Aula Media Center Kantor Bupati Kabupaten Aceh Selatan, Jum’at (28/05/2021) Pekan lalu

Acara tersebut juga ditandai dengan penandatanganan MoU kerjasama pembinaan Bunda PAUD tingkat Provinsi Aceh yang kemudian dilanjutkan dengan tingkat kabupaten/kota yang disaksikan oleh Gubernur dan Bunda PAUD Provinsi Aceh.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Aceh Ir. H. Nova Iriansyah, M.T. menyampaikan bahwa Pemerintah Aceh menaruh perhatian khusus terhadap peningkatan kualitas pendidikan untuk anak usia dini. Hal ini dapat dicapai dengan adanya kerjasama yang baik dan kerja kolektif antar semua stekholder .

“Pendidikan usia dini yang berkualitas merupakan investasi yang sangat berharga bagi masa depan Aceh kelak. Tidak heran bila Negara maju di dunia sangat concern terhadap pengembangan anak usia dini,”ungkapnya.

Tambah Nova, pengembangan program PAUD Holistik Integratif (HI) ini merupakan suatu terobosan dan inovasi yang bagus dalam rangka memenuhi kebutuhan anak yang esensial dan beragam, bahkan Pemerintah Aceh akan selalu mendukung setiap terobosan yang ada untuk melakukan peningkatan kualitas dan pengembangan anak usia dini di Provinsi Aceh.

“Kualitas dan kapasitas guru pengajar juga sangat penting untuk ditingkatkan, sehingga tenaga pendidik tersebut dapat menjalankan program PAUD HI ini dengan baik,” katanya.

Ia juga mendorong seluruh Bunda PAUD Kabupaten/kota untuk bekerja sama dengan Pemerintah dari masing masing kabupaten dan kota dalam menyukseskan program PAUD HI di seluruh Aceh.

Sementara itu, Bunda Paud Provinsi Aceh Dr. Ir. Dyah Erti Idawati, M.T menyampaikan bahwa salah satu fokus utama pembangunan di Aceh adalah peningkatan mutu pendidikan di semua tingkatan mulai dari anak usia dini sampai ke tingkatan SMA. Pendidikan yang berkualitas harus di mulai sejak dini agar mendapatkan hasil yang maksimal di masa depan ungkapnya.

“Anak usia dini merupakan masa golden age yakni masa yang sangat efektif untuk mengoptimalkan pengembangan potensi anak. Untuk itu kita harus menaruh perhatian khusus bagi mereka agar bisa mendapatkan pendidikan yang bermutu dan berkualitas,”ujarnya.

Untuk mendukung hal tersebut, lanjut Dyah, bahwa Bunda PAUD yang ada diseluruh Aceh akan mengembangkan program PAUD Holistik Integratif ini demi terjalinnya kolaborasi antara orang tua dan guru dalam proses pendidikan anak usia dini. Dukungan dari semua unsur pemerintahan juga sangat diharapkan agar program ini dapat berjalan dengan lancar

Dalam kegiatan penandatanganan Mou Bunda PAUD Aceh Selatan dengan dilibatkan beberapa instansi terkait, diantaranya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Sosial, Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil, DP3AKB, Dinas Kesehatan serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Kabupaten Aceh Selatan. (Zulfan)