Advokatnews, Lebak|Banten – Proyek pembangunan jalan Cibayawak – Ciawi yang menghubungkan Desa Darmasari Ke Desa Sawarna Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak yang baru selesai di bangun sekitar beberapa bulan yang lalu, kondisinya saat ini sudah nampak ada kerusakan. Jumat, 14/2/2020.

Jalan yang dibangun dengan kontruksi hotmix AC/WC, oleh CV. Putri Kencana dengan anggaran sebesar Rp. 1.979. 917.000 seperti di Kp. Cibayawak Desa Darmasari, di titik Gunung Kembang Desa Sawarna Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak, hotmixnya sudah mulai terkelupas sehingga membentuk kubangan air. Seperti di Kp. Cibayawak Desa Darmasari Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak.
Salah seorang warga sekitar, Hasan mengungkapkan, dirinya merasa kecewa atas hasil pengerjaan CV tersebut. Karena, jalan yang diharapkan bisa bertahan lama. Namun saat ini kondisinya sudah mulai rusak kembali. Ungkapnya kepada Media.
Ia pun menduga pada proses pembangunan jalan itu terjadi pengurangan bahan material. Sebab, kata dia, jika bahan material pembangunan jalan sesuai dengan spesifikasi yang memenuhi standarisasi maka kualitas jalan akan bagus dan tahan lama. “Kalau bahan-bahan materialnya bagus jalan juga bagus dan awet,” ujarnya.
Untuk itu Ia meminta, agar Dinas PUPR Lebak melakukan cek lapangan dan menegur pihak pelaksana untuk melakukan perbaikan “Jangan lupa ini menggunakan dana pemerintah yang berasal dari pajak warga, jadi harus tegas,” ujar Hasan
Sementara, Irvan Suyatupika, ST., MT Kepala Bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Lebak, saat dikonfirmasi melalui sambungan menjawab bahwa pembayaran pekerjaan dari Dinas PURP Lebak kepada pihak pelaksana sudah sembilan puluh lima persen.
“Lima persennya lagi baru akan dibayarkan jika masa pemeliharaan dilakukan oleh pelaksana” kata Irvan.
Terkait kerusakan yang sudah ada dilapangan lanjut Irvan, pihaknya akan menyurati pihak pelaksana untuk melakuakn pemeliharaan di titik rusak, lantaran pada saat ini masih dalam masa pemeliharaan pihak pelaksana.
Selain itu lanjut Irvan, beberapa minggu yang lalu telah dilakukan pemeriksaan oleh BPK, namun hasil pemeriksaan tersebut belum keluar.
“Rekomendasinya kita masih nunggu hasil pemeriksaan BPK kang” jawabnya. (Na/Sumardi/red).