Advokatnews,  Tubaba–Proses Pelaksanaan rehab balai Tiyuh Pagar Buana Kecamatan Way Kenanga Kabupaten Tulang Bawang Barat, yang dibiayai dari Dana desa (DD) Rp. 275.157.200 anggaran tahun 2020 dan swadaya masyarakat Rp. 5.04.000, dalam kegiatan pekerjaannya berjalan lancar dan masyarakat sekitar ikut serta berpartisipasi dan mengapresiasi positif terhadap pekerjaan yang sedang berjalan, Selasa (09/11/2020).

Dalam pelaksanaan rehab balai ini, kegiatan pekerjaan mengutamakan pemberdayaan masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan dalam meningkatkan taraf hidup, sehingga secara bertahap tujuan pemberdayaan masyarakat tumbuhnya kekompakan pemahaman akan manfaat bagi individu, kelompok atau masyarakat.

Pj. Kepalo Tiyuh Bambang Surowono, S.Pd mengetahui secara jelas tentang rehab balai Tiyuh kepada Jurnalis saat diwawancarai dilokasi kegiatan mengatakan, rehab balai Tiyuh berjalan dengan baik dan lancar dalam pelaksanaannya tidak ada masalah sehingga dapat terwujud harapan untuk memiliki balai desa yang permanen yang selama ini diharapkan akan dapat terwujud.

“Pembangunan rehab balai Tiyuh dialokasikan dari dana desa tahun 2020 dan swadaya bertujuan agar masyarakat bisa lebih mudah untuk mendapatkan pelayanan.

Menurut dia, dengan dilaksanakannya pembangunan rehab ini maka akan lebih memotivasi kinerja perangkat desa untuk lebih bersemangat dan dengan mengutamakan pemberdayaan masyarakat sekitar sehingga mampu menciptakan kekompakan dalam hidup bermasyarakat.

“Pemerintahan Pagar Buana beserta perangkatnya untuk lebih bersemangat dengan adanya kantor balai Tiyuh permanen yang baru, sehingga dalam menjalankan tugasnya mengelola dan menyusun program penggunaan anggaran sesuai aturan yang ada,” tutupnya.

Sementara itu ketika dikonfirmasi ditempat terpisah, Ketua Tim Pengelola Kegiatan desa (TPK) menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Pusat daerah dan kabupaten Tulang Bawang Barat sudah menggelontorkan anggaran dana desa (dd) melalui Kepada Tiyuh Pagar Buana untuk pembangunan rehab balai yang sangat penting dibutuhkan untuk menyelenggarakan roda pemerintahan di Desa Pagar Buana.

Bambang menyebutkan sesuai dengan kondisi yang sangat dibutuhkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan, maka adanya kantor balai Tiyuh sangatlah penting, dengan dasar itu warga masyarakat sangat mengapresiasi kepada kepala desa untuk menyelesaikan pekerjaan itu.

“Warga masyarakat sekitar sangat mengapresiasi pelaksanaan pembangunan rehab balai tersebut yang alhamdulillah berjalan lancar dan dalam waktu dekat akan terselesaikan, ini berkat dukungan masyarakat terhadap pelaksanaannya terutama Pj. kepalo tiyuh selaku penanggungjawab,” bebernya.

Dia juga menjelaskan, Jika terlaksananya kegiatan pembangunan ini karena jalinan komunikasi yang baik antara masyarakat dan kepala desa serta apresiasi terhadap pembangunan itu terbukti dengan lancarnya kegiatan pekerjaan.

Bambang menegaskan bahwa, pembangunan rehab balai yang dilaksanakan di Tiyuh berusaha selalu mengedepankan transparansi dalam segala kegiatannya demi terciptanya pembangunan yang sesuai dengan harapan untuk mewujudkan harap – harapan bagi masyarakat,

“Segala kegiatan yang berkaitan dengan rehab balai, selalu mengupayakan transparansi kepada masyarakat berapa nilai proyek yang sedang di kerjakan dari mana anggaran, berapa jumlah nominalnya, agar fasilitas bersama tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik dan dijaga bersama saling untuk kepentingan semua,”ujarnya.

“Adanya balai Tiyuh ini diharapkan mampu memotivasi seluruh aparatur pemerintahan tiyuh dalam melayani masyarakat serta kinerja aparaturnya lebih maksimal dalam melayani kebutuhan warganya,” pungkasnya.(Andika/Asep)