Advokatnews | Purwakarta – Guna mengantisipasi PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) Pada hewan ternak Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas Polsek Bungursari Polres Purwakarta Polda Jabar Aiptu Dedi Ahmadi bersama Kelompok Peternak domba dan sapi, Monitoring Kampung Tangguh / Lembur Tohaga Lodaya ketahanan pangan, Minggu (15/05/2022).

Kegiatan ini dilakukan guna mencegah dan mengawasi penularan wabah penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak di wilayah Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta,” ungkap Kanit Binmas Aiptu Dedi Ahmadi bersama Kelompok Peternak domba dan sapi.

Selain itu, pengecekan langsung ke peternakan dan berkoordinasi terkait kegiatan pengawasan tersebut.dan pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan dan Kebersihan hewan ternaknya,” tutur Kanit Binmas Aiptu Dedi Ahmadi.

“Tetap patuhi prokes dan juga situasi Kamtibmas dilingkungannya serta di lingkungan Kampung Tangguh” imbaunya.

Sementara itu, Kapolres Purwakarta AKBP Suhardi Hery Haryanto melalui Kapolsek Kompol H. Budi Harto mengatakan, Pihak Kepolisian bergerak cepat pasca merebaknya penyakit mulut dan kaki (PMK) yang menyerang hewan ternak sapi seperti yang dilakukan Polsek Bungursari Polres Polres Purwakarta Polda Jabar, yang langsung melakukan sosialisasi dan pengecekan hewan ternak warga.

“Kita bersama Koordinator Penyuluh Teknis Peternakan Kecamatan (PTPK) setempat akan lakukan sosialiasi dan pengecekan ke lokasi baik Peternakan, tempat Pemotongan hewan terkait hal tersebut” tuturnya.

Meskipun penyakit ini belum menyebar luas, antisipasi sedini mungkin sangat diperlukan mengingat wabah ini semacam virus yang mudah menular,” jelas Kapolsek kepada Wartawan. (Dede Rosadi)