Penyerahan Sertifikat Oleh Kemenag Aceh Selatan melalui Kasie Haji, Khairuddin. MA

Advokatnews|Aceh Selatan– ASN Kemenag Aceh Selatan lulus sertifikasi Pembimbing Manasik Haji tahun lalu, hari ini selasa (14/07/2020) Kasie Haji Kemenag, Ustad Khairuddin menyerahkan dua sertifikat itu kepada mereka yang dinyatakan lulus oleh Kanwil Kemenag Propinsi Aceh.

Penyeraahan sertifikasi Pembimbing Manasik Haji itu, setelah diterima dari Kanwil Kemenag Propinsi Aceh bulan lalu, selanjutnya ditandatangani pihak penyelenggara, kini dua sertifikat  Peserta Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji (SPMH) yang bertempat di ruangan Kasie Haji Kemenag setempat, selasa (14/07/2020).

“Sertifikat yang ditandatangani Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Prof Dr H Nizar MAg, bersama Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Prof Dr H Warul Walidin Ak MA, serta lembaran nilai yang ditandatangani Direktur Bina Haji Ditjen PHU H. Khoirizi Dasir, diserahkan untuk 48 peserta se Aceh,” kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Aceh Selatan Khairuddin,MA

SPMH angkatan perdana, sukses berlangsung di UPT Asrama Haji Aceh, sejak 8-17 Desember 2019. Anggaran untuk angkatan pertama dibebankan pada DIPA Kanwil Kemenag Aceh, dan penyelenggaraannya bersama Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDK) UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

“Angkatan perdana memang membutuhkan pematangan anggaran, perencanaan, bahkan studi banding ke embarkasi yang telah duluan laksanakan SPMH seperti Bandung dan Medan, juga konsultasi ke Ditjen PHU Jakarta,” imbuh Khairuddin

Bagi peserta yang sesuai persyaratan, selain dibahani oleh pemateri dari Ditjen PHU, juga oleh akademisi, ulama, dan praktisi dikoordinasikan para tutor/widyaiswara dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDK) UIN Ar-Raniry dan Kanwil Kemenag Provinsi Aceh.(Zulfandi)